WHO: Pasien Tanpa Gejala Bukanlah Penyebab Tersebarnya Virus Corona

Penaindonesia.co.id-Lawancorona. Situs web Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan dalam menanggapi kekhawatiran dari beberapa peneliti bahwa akan sulit untuk mengendalikan virus corona karena keberadaan orang tanpa gejala yang terinfeksi tersebut.

Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia mengumumkan bahwa pasien tanpa gejala bukanlah penyebab penyebaran virus corona.

Pada beberapa orang, terutama orang-orang yang berusia muda atau orang-orang yang tak memiliki latar belakang penyakit berat, setelah terinfeksi virus corona ini tidak menunjukkan gejala apa pun. Pada beberapa orang, gejalanya dapat terlihat selama beberapa hari.

Pada awalnya dinyatakan bahwa orang yang tak menunjukkan gejala bisa menularkan penyakit kepada orang lain. Pejabat Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan hari ini bahwa meskipun orang yang tanpa memperlihatkan gejala tersebut bisa dimungkinkan menularkan virus kepada orang lain, tetapi mereka bukan penyebab penyebarannya.

“Menurut informasi dan data yang kami miliki, jarang sekali ada orang tanpa memperlihatkan gejala dapat menularkan virus ini  kepada orang lain,” kata Maria Van Kerkhove, kepala departemen darurat Organisasi Kesehatan Dunia.

Van Kerkhove mengatakan bahwa setiap pemerintahan harus fokus mendeteksi dan mengkarantina mereka yang mengalami gejala.

Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa perlu data dan penelitian yang cukup untuk menjawab pertanyaan apakah silent carrier bisa menyebabkan penyebaran virus corona secara luas atau tidak.

Selain itu, pejabat Organisasi Kesehatan Dunia mengatakan hari Senin bahwa situasi karena virus corona ini telah memburuk di seluruh dunia.

Van Kerkhove juga mengatakan pada hari Senin bahwa tidak ada bukti bahwa virus corona ini terus mengganas dan juga belum ada bukti juga bagaimana proses terjadi penularannya.

Dia mengatakan bahwa tidak ada bukti bahwa virus corona telah bermutasi, baik dari segi metode penularan atau tingkat keparahan penyakit.

“Virus ini tidak berubah dalam hal kemampuan transmisi, juga tidak berubah dalam hal keganasannya,” katanya dalam konferensi pers.

“Yang penting adalah mengambil tindakan untuk mencegah penularannya,” tambahnya.

Corona baru adalah salah satu dari tujuh virus corona yang dikenal yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia. Empat dari virus ini menyebabkan gejala yang mirip dengan flu biasa, dan tiga lainnya menyebabkan penyakit pernapasan akut yang dapat menyebabkan kematian dalam beberapa kasus.

Organisasi Kesehatan Dunia telah mendeklarasikan lebih dari 121.000 orang di seluruh dunia terinfeksi penyakit ini, dan menyebutnya sebagai “epidemi global.”