Warga Israel Berunjuk Rasa Protes Normalisasi dengan UEA

Penadunia.Newnormal. Ribuan warga Israel, demonstran membanjiri jalanan Yerusalem pada Sabtu (15/8) malam. Titik utama demonstrasi adalah sekitaran kediaman Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu di Yerusalem. Selain menuntut Netanyahu turun dari jabatan karena terlibat kasus korupsi dan dinilai gagal menangani COVID-19, mereka juga memprotes normalisasi dengan Uni Emirat Arab.

Unjuk rasa tersebut merupakan demonstrasi anti-Netanyahu yang berlangsung selama delapan minggu secara berturut-turut. Media lokal Army Radio memprediksi jumlah demonstran berkisar 10.000 orang. Bentrok polisi dan demonstran juga mewarnai aksi ini. Tercatat 10 demonstran ditahan polisi dalam unjuk rasa semalam.

Terkait normalisasi, para demonstran cemas Netanyahu menjadi pihak yang diuntungkan secara politik dari kesepakatan tersebut. “Bukan kebetulan Netanyahu mengumumkan (kesepakatan) ini sekarang di saat masyarakat telah bangkit. Ia pikir ia bisa mengalihkan perhatian kami,” ujar Tal (28) seorang demonstran pada Times of Israel.