Wapres RI Ma’ruf Amin: Wabah Corona, PON Papua 2020 Bisa Ditunda

Pena Indonesia.co.id – Lawan COVID 19.  Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyebut penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang digelar di Papua kemungkinan besar ditunda. Opsi penundaan PON merupakan imbas dari pandemi virus corona (Covid-19) yang merebak di Indonesia.

Ma’ruf Amin menyatakan, opsi itu terbuka bila virus corona masih mengancam Indonesia dan Papua pada khususnya jelang gelaran itu.

“Kemungkinannya sangat besar untuk ditunda apabila memang situasi ancaman Corona ini masih mengancam termasuk di Papua dan di Indonesia,” ujarnya, Kamis (26/3).

Baca Juga:  Yassona H. Laoly: Tangkal Virus Corona, 30 Ribu Napi dan Anak Hirup Udara Bebas

Namun, Ia menegaskan pemerintah belum bisa memastikan PON 2020 di Papua kembali digelar bila opsi itu diberlakukan. PON di Papua dijadwalkan berlangsung pada 20 Oktober hingga 2 November 2020.

“Kalau nanti memang virus corona itu masih belum hilang, artinya masih merupakan ancaman, pasti hasilnya akan ditunda. Olimpiade saja seperti di Jepang itu juga ditunda,” tuturnya.

Wakil Presiden RI ini, menyatakan pemerintah membutuhkan payung hukum yang berlaku bila opsi penundaan PON Papua itu dilakukan.

“Alternatifnya itu, apakah melalui perubahan UU atau mungkin yang paling cepat melalui Perppu,” pungas Ma’ruf Amin.

Baca Juga:  Lawan COVID-19, PSSI Tunda Shopee Liga 1 dan Liga 2

Saat ini, pemerintah Provinsi Papua sendiri sudah menetapkan status siaga darurat virus corona mulai 17 Maret lalu. Penetapan status akan berlangsung hingga 17 April nanti. Hal itu diambil seiring peningkatan jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP), dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) serta pasien positif corona di Papua.