Wakil Gubernur, Jatim Sambut Baik Bantuan Inggris Kembangkan Pendidikan Vokasi Kemaritiman

pena Indonesia.co.id – Program dengan nama Maritime Skills Prosperity ini telah diluncurkan oleh Dubes Inggris di Jakarta pada 5 November 2019 tahun lalu dengan menggandeng empat politeknik, yaitu Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) Semarang, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Politeknik Negeri Manado (Polimdo), dan Politeknik Negeri Batam (Polibatam). 

Bantuan senilai Rp 143 Miliar ini untuk pengembangan pendidikan vokasi berupa peningkatan kurikulum, standar, serta kualifikasi untuk mempelajari logistik pelabuhan, pelayaran, pembuatan kapal dan ekonomi maritim masyarakat pesisir.  

Wakil gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, kepada Wakil Dubes Inggris untuk Indonesia, Asean dan Timor Leste, Mr Rob Fenny,  Selasa (18/02) mengatakan Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang menerima bantuan pendidikan pengembangan sumber daya manusia bidang kemaritiman melalui PPNS.

Baca Juga:  Awas Hoax Corona, Polisi Tingkatkan Patroli Siber

Ia juga berharap kerjasama peningkatan kapasitas bagi pengembangan pendidikan untuk peningkatan keahlian di bidang kemaritiman semakin memperbanyak sumber daya manusia yang berkualitas di Jatim. 

 “Harapannya program ini akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang industri kemaritiman di Jawa Timur” kata Emil, Selasa (18/02).  

Menruutnya, industri lokal bidang maritim akan semakin tergugah untuk menggunakan sumber daya manusia yang sudah disiapkan oleh PPNS tersebut. Dalam pertemuan dengan Dubes Inggris ini, Wagub Jatim menjadi keynote speech dalam acara United Kingdom – Indonesia Maritime Skills Prosperity 2019 – 2023.

Baca Juga:  Fitrah Membaca Alquran

Emil memaparkan konsep pembangunan khususnya di bidang ketenagakerjaan, pendidikan vokasi serta visi misi Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang disampaikan dengan menggunakan bahasa Inggris dihadapan delegasi Kedubes Inggris dan International Labour Organization (ILO). (sumber Kominfo Jatim)