Upaya Penggagalan Penyelundupan Narkotika Oleh Petugas Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan

Penaindonesia.co.id.Petugas Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan berhasil gagalkan penyelundupan narkoba yang diduga Sabu di area titipan Lapas Kerobokan.

Barang yang diduga sabu tersebut dibawa oleh seorang pengunjung sekitar pukul 10.00 Wita. Karena terlihat mencurigakan, barang bawaan diteliti dan diperiksa secara intensif oleh petugas Lapas Kerobokan.

Kronologis Lengkapnya :

Pada hari Rabu, 27 April 2022 sedang berlangsung Layanan Penitipan Barang melalui Drive Thru pada Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan.

Sekitar Pukul 10.00 WITA penitip atas nama I Made Suryawan (No.KTP : 5171031605940004) menitipkan barang-barang kepada WBP an. Ida Ayu Tika Semarayani dimana barang tersebut meliputi : Buku, Sabun, Sampo, Rapika, Nasi 2 bungkus, Krupuk 3 box, Mie Lidi, Rinso dan Snack.

Di dalam krupuk tersebut ditemukan sebuah plastik bening yang di dalamnya berisi serbuk putih yang di duga (sabu) oleh petugas P2U an. I Kadek Suryanata.

Petugas P2U melaporkan ke komandan jaga lalu melaporkan kembali ke Kasubsi Pelaporan dan Tata Tertib (Bapak Rusmawan), setelah itu Kasubsi Pelaporan berkoordinasi dengan Kasubag TU Ibu Ayu Mudiartini dan dilanjutkan ke Plt. Kalapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan (Ibu Ni Nyoman Budi Utami).

Plt. Kalapas Perempuan Kerobokan berkoordinasi dengan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Bali (Bapak Gun Gun Gunawan) terkait kejadian ini.

Sesuai perintah dari Plt. Kalapas (hasil koordinasi dengan BNNP) yaitu segera membuat surat perintah untuk membawa barang tersebut ke BNN Provinsi Bali untuk memastikan barang tersebut adalah sabu. Setelah barang itu di tes, dipastikan bahwa barang itu adalah sabu dan kabid. Brantas bnnp beserta tim meluncur ke Lapas Perempuan Kelas IIA Kerobokan.

Setibanya di Lapas Perempuan Kelas IIa Kerobokan Tim dari BNNP melakukan pemeriksaan terhadap WBP an. Ida Ayu tika Semarayani serta mengecek kembali barang titipan tersebut dimana pada krupuk babi tersebut ditemukan 7 klip paket serbuk yang di duga sabu.

Setelah dilakukan pemeriksaan selanjutnya 2 orang WBP an. Ida Ayu Putu Tika Semarayani dan Nurul Khoerunisa diamankan ke BNNP Bali berserta 7 Klip Paket Sabu untuk pemeriksaan lebih lanjut.

7 klip serbuk putih yang di duga sabu, Barang bukti tersebut dan 2 (dua) wbp di amankan leh pihak BNNP Bali untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Bali Gun Gun Gunawan juga mengapresiasi upaya pengagalan yang dilakukan oleh petugas lapas kerobokan.

Diharapkan hal ini juga untuk lebih waspada dalam bertugas umumnya untuk seluruh petugas lapas rutan di Bali agar bisa menjadikan pelajaran tetap semangat tetap integritas laksanakan apa yang menjadi perintah dirjenpas.

3 kunci dalam bertugas bagi petugas pemasyarakatan salah satunya berantas narkoba atau halinar dan bersinergi baik internal ataupun external.

Selanjutnya Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk juga mengapresiasi kepada Petugas Lapas Perempuan  Kerobokan yang berhasil mengagalkan penyeludupan barang yang diduga sabu tersebut.

Ka Kanwil Kemenkumham Bali sebelumnya juga telah menghimbau kepada seluruh jajaran Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan untuk meningkatkan kewaspadaan selama bulan Ramadhan khususnya pada UPT Lapas Rutan se-Bali. (red /kur)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

DATA COVID-19

Omicron