Turki Kembali Membom Irak Utara

Penadunia-Newnormal. Pada hari Sabtu kemarin pesawat Turki telah membom kembali beberapa daerah di provinsi Duhok wilayah Kurdistan Irak.

Dalam wawancara dengan Kantor Berita Baghdad Al-Youm, pejabat keamanan tersebut mengatakan: “Pesawat Turki membom desa-desa dan daerah-daerah penting di kota Al-Amariyah di provinsi Duhok, dan daerah sekitar Batufa yang sampai saat ini masih menjadi sasaran serangan udara.”

Dia menambahkan: “Belum ada berita yang diterima tentang kerugian finansial dan korban manusia dari serangan udara ini.”

Seorang pejabat keamanan di wilayah Kurdistan Irak juga mengumumkan pada hari Kamis bahwa pesawat tempur Turki telah kembali mengebom beberapa bagian wilayah Kurdistan, dan membuat ratusan keluarga mengungsi dari desa-desa pegunungan.

Sumber tersebut mengatakan bahwa pesawat Turki sekali lagi membom wilayah Kurdistan Irak dan mengebom desa-desa di pegunungan di daerah Sheladzi di kota Al-Emadiyah di provinsi Duhok.

Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dari serangan kemarin, tetapi daerah itu terus menjadi sasaran serangan Turki, dengan ratusan keluarga mengungsi dari rumah mereka karena serangan udara dan mengungsi ke pusat kota.

Sejak 14 Juni, Turki telah meluncurkan operasi skala besar yang disebut “Cakar Elang” dan sejak 17 Juni, Operasi Cakar Harimau di Irak utara, bertujuan untuk menghancurkan elemen Partai Pekerja Kurdistan (PKK), dan hal ini mengundang protes keras dari pemerintah Baghdad, tetapi Ankara bersikeras untuk melanjutkan operasinya, terlepas dari protes terhadap pelanggaran kedaulatan Irak.