Transparansi Dan Keterbukaan Informasi Melalui Sistem Bersatu Lawan COVID Lewat Laman Covid19.Go.Id

Pena Indonesia.co.id – Lawan CORONA. Gugus Tugas Nasional menyajikan informasi secara transparan dan terbuka penanganan COVID – 19 di Indonesia melalui sistem Bersatu Lawan COVID. Masyarakat dapat mengakses sistem tersebut melalui laman covid19.go.id.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Percepatan Penanganan COVID–19 Doni Monardo mengatakan bahwa sistem ini mampu mencatat dan mengintegrasikan data COVID–19. Data tersebut berasal dari input data di tingkat puskesmas, rumah sakit, laboratorium pemeriksa, dan dinas kesehatan di tingkat daerah dengan pendampingan dari TNI, Polri, BPBD, BIN dan jajaran dinas kominfo di daerah.

“Sistem Bersatu Lawan COVID (BLC) merupakan hasil upaya kolaborasi lintas sektor yang dikoordinasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19. Sistem ini tercipta atas kerja sama antara Tim Pakar Gugus Tugas, Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara, dan Komisi Informasi Pusat,” ujar Doni saat peluncuran BLC di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Rabu, 29 April 2020.

Doni yang juga merupakan Kepala BNPB menambahkan bahwa sistem ini mampu memantau data sebaran kasus positif, pasien positif yang sembuh dan meninggal, orang dalam pemantauan (ODP), serta pasien dalam pengawasan (PDP).

“Selain itu, sistem dapat melihat gambaran kasus secara detail serta dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan logistik RS dan laboratorium dalam penanganan COVID–19, untuk dijadikan landasan dalam pembuatan kebijakan ke depannya,” tambahnya.