TNI Tempel Ketat Kapal China di Natuna

Pena Indonesia.co.id –

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I TNI Laksamana Madya TNI Yudo Margono menyatakan, kapal nelayan China masih bertahan di Laut Natuna hingga Minggu (5/1).

Dilansir dari kantor berita Antara. Yudo Margono, kapal-kapal asing tersebut masih bertahan untuk melakukan penangkapan ikan secara ilegal. Kapal China ini berada di jarak 130 mil dari perairan Ranai, Natuna.

“Mereka didampingi dua kapal penjaga pantai dan satu kapal pengawas perikanan China,” kata Yudo Margono dalam konferensi pers di Pangkalan Udara TNI AL di Tanjungpinang, Kepri,

Selain itu, kata Yudo, TNI sudah menurunkan dua KRI untuk mengusir kapal asing tersebut agar keluar dari Laut Natuna. Yudo menjelaskan, operasi untuk mengusir kapal China tersebut tak memiliki batas waktu.

Operasi akan selesai ketika kapal-kapal China tersebut angkat kaki dari perairan Natuna. “Kami juga gencar berkomunikasi secara aktif dengan kapal penjaga pantai China agar dengan sendirinya segera meninggalkan perairan tersebut,” pungkasnya dengan tegas.