Tiongkok dan Rusia Memveto Resolusi yang Melanggar Kedaulatan Suriah

Penaindonesia.co.id-Newnormal. Washington, Negara Cina dan Rusia resmi telah menolak resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengesahkan bantuan kemanusiaan melalui dua perlintasan perbatasan selama enam bulan.

Sebelumnya, dua hari lalu, Rusia dan Cina memveto resolusi Dewan Keamanan PBB yang berusaha memperluas bantuan kemanusiaan ke Suriah tanpa koordinasi dengan pemerintah pusat.

Ini adalah ketiga kalinya Rusia dan Cina memveto resolusi yang melanggar kedaulatan Suriah.

Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menelepon Menteri Luar Negeri Jerman Heiku Maas dan meminta bantuan kemanusiaan diberikan kepada semua warga Suriah di semua bagian negara tanpa politisasi atau diskriminasi dan tanpa prasyarat.

Pemerintah Suriah, yang telah terlibat dalam perang melawan teror sejak 2011, juga mendapat sanksi dari Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Sementara itu, wabah virus corona di negara yang dilanda perang telah memperburuk situasi, dan utusan Suriah di kantor PBB di Jenewa Hisamuddin Ala memperingatkan bahwa sanksi AS dan Eropa terhadap Damaskus merupakan hambatan bagi upaya mereka dalam memerangi virus corona.