Tingkatkan Layanan Kesehatan, Lapas Nunukan Gelar Posyandu Lansia dan Remaja Untuk WBP

NUNUKAN – Lapas Kelas IIB Nunukan melaksanakan pelayanan kesehatan Posyandu Lansia dan Remaja serta pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada Rabu (25/5).

Kalapas Nunukan, I Wayan Nurasta Wibawa mengatakan bahwa, kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pemenuhan hak serta peningkatan derajat kesehatan bagi warga binaan khususnya usia rentan remaja dan lansia.

“Kegiatan ini dilaksanakan pada pukl 09.30 sampai selesai. Pelaksanaan Posyandu Lansia dan Remaja di Lapas Nunukan ini atas kerjasama dengan Puskesmas Sedadap,” ujar Wayan.

Kalapas Wayan menjelaskan, dalam kegiatan ini sebanyak 43 warga binaan lansia serta 7 warga binaan remaja dibawah 19 tahun yang ikut berpartisipasi, sakit yang diderita sebagian besar lansia adalah gatal-gatal dan juga penyakit tidak menular seperti hipertensi, diabetes dan sebagainya.

Selain pengobatan juga dilakukan kegiatan promosi kesehatan bagi warga binaan remaja dengan diselingi penyuluhan kesehatan reproduksi dan bahaya pergaulan bebas.

“Dengan adanya kerjasama dan sinergitas dengan pihak puskesmas ini kami harapkan dapat membantu dalam peningkatan kesehatan warga binaan mengingat banyaknya jumlah warga binaan yang harus dilayanani terkait kesehatannya tidak sebanding dengan petugas kesehatan yang ada,” jelas Wayan.

Kegiatan ini terlaksana dengan tetap memperhatikan dan menerapkan Protokol Kesehatan serta melakukan koordinasi pengamanan dengan unit Keamanan Lapas Kelas IIB Nunukan.

Kegiatan berjalan dengan lancar, aman dan tertib serta selesai pada pukul 12.00 WITA.

“Semoga dengan kegiatan kerjasama pelayanan Posyandu Lansia dan Remaja dengan Puskesmas di Lapas Kelas IIB Nunukan, dapat menjadi upaya /solusi dalam peningkatan derajat kesehatan warga binaan serta dapat mencegah berbagai penyakit tidak menular yang sering diderita oleh kalangan lansia sehingga masa tahanan dapat dilalui tanpa adanya permasalahan kesehatan yang serius,” pungkas Wayan. (red)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

DATA COVID-19

Omicron