Tanah Ladang Pertanian Merekah, Warga Geger

Pena Indonesia.co.id – Warga dusun Ngawen Satu Desa Semanten kecamatan Pacitan kabupaten Pacitan, di gegerkan dengan munculnya retakan tanah di ladang pertanian milik warga. Rekahan yang timbul dengan arah tak beraturan ini memanjang, lebih dari 100 meter, dengan kedalaman antara 30 hingga 50 centi meter. Warga mengetahui tanah retak ini pada sabtu lalu, pasca hujan dengan intensitas sedang mengguyur wilayah setempat.

Salah satu warga mengaku, baru kali ini muncul retakan tanah di wilayah tersebut. Mereka heran, lantaran retakan tanah oini muncul di lahan yang relatif datar. Meski tak mengerti sebab timbulnya retakan tanah, warga khawatir, jika retakan tanah terus meluas.

Sementara dari hasil pengamatan awal, Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Pacitan menyebut,  jika retakan tanah yang memanjang ini bukan merupakan bagian dari sesar grindulu. Ini diksrensksn lokasi rekahan hanya berada di satu bidang tanah.BPBD  menduga, retakan ini merupakan imbas dari air hujan.

Dengan peristiwa ini, BPBD mengaku akan melaporkan peristiwa tanah retak di lahan milik warga ini kepada ahli Geologi, untuk mengetahui sebab pastinnya