Senyum Sumringah Mbah Sutipah, Rumahnya Sudah Siap Huni

Pena Indonesia.co.id – Kodim 0811 Kabupaten Tuban, bergotong-royong membedah rumah seorang nenek di Kecamatan Semanding desa bektiharjo, Tuban. Rumah yang tadinya reyot dan tidak layak huni dipugar agar lebih nyaman ditempati.

Dandim Tuban 0811, Letkol Inf Viliala Romadhon SE, M.I.Pol, mengatakan rumah milik Mbah Sutipah di Desa bektiharjo, Kecamatan Semanding tersebut awalnya hanya semi permanen yang terbuat dari bambu. Kondisi rumah yang telah usang dan reyot tersebut membuat TNI AD Kodim 0811 Tuban dan warga sekitar serta instansi pemerintah tergerak dan sepakat untuk melakukan proses pemugaran.

Baca Juga:  Kerja Bareng Perangkat Desa Sumberjo Dan Babinsa Wujudkan Rutilahu

“Bedah rumah ini adalah bentuk Bhakti TNI AD dalam mewujudkan bedah rumah agar masyarakat kurang mampu juga memiliki hunian yang baik, ” katanya, (13/12/2019).

Rumah semi permanen tersebut akhirnya dibongkar oleh jajaran TNI AD Kodim Tuban 0811 dan berkoordinasi dengan warga desa. Sebagai gantinya, di bekas rumah terdahulu dibangun rumah dengan dinding permanen, sehingga lebih kuat dan nyaman untuk dihuni.

“Proses pengerjaan dilakukan gotong-royong,” ujarnya.

Menurutnya, tradisi gotong-royong yang ada di Desa Bektiharjo dinilai masih cukup baik. Warga yang ada di sekitar rumah Sutipah dengan suka rela menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk mempercepat proses pembangunan rumah tersebut.

Baca Juga:  Kodim 0811 Tuban bersama Masyarakat, Pemda dan Polri Memperbaiki Rumah Rusak

Dandim tuban 0811, Letkol Inf Viliala Romadhon SE, M.I.Pol, mengaku saat ini rumah Sutipah telah berhasil dirombak dan menjadi lebih baik. Ia berharap dengan hasil bedah rumah tersebut diharapkan pemilik rumah menjadi lebih nyaman dan aman.

“Terima kasih Pak tantara kini saya bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman tanpa takut bocor dan runtuh,” jelas Sutipah