Sedekah di Hari Jumat

Pena Indonesia.co.id – بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (Bismillahirrahmanirrahim). “Semakin banyak kita memberi, maka akan semakin banyak kita menerima”. Mungkin istilah tersebut sangat tepat bagi orang-orang yang rajin bersedekah. Ya, tangan di atas itu sesungguhnya lebih baik daripada tangan di bawah. Dengan semakin banyak kita memberi sedekah kepada mereka yang membutuhkan, maka rezeki yang kita diterima pun akan semakin berlimpah. Selain, itu sedekah juga memiliki berbagai keutamaan yang lain.

Sedekah dapat menghapus dosa-dosa kita. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, yang artinya : “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”. (HR. At-Tirmidzi). Sedekah, adalah cara mudah yang telah Allah sediakan untuk mengikis perbuatan dosa manusia. Bersedekah pun bisa dalam bentuk apa saja tidak harus dalam bentuk materi. Bahkan, senyuman untuk saudara kita adalah juga sedekah. Mengutamakan sedekah tidak akan mengurangi harta kita. Tapi justru akan mendatangkan rezeki yang tidak kita sangka-sangka. Allah pun akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang bersedekah. Rasulullah pun telah jelas mengungkapkan bahwa orang-orang yang akan mendapatkan naungan di hari akhir nanti, salah satunya adalah mereka orang-orang yang bersedekah.

Baca Juga:  Sedekah Pintu Kemuliaan Segala Penjuru

Diantara waktu yang paling baik untuk bersedekah adalah di hari Jumat. Bahkan, disebut sebagai sayyidul ayyam atau pemimpin hari-hari lainnya. Dimana pada hari itu, Allah membuka langit ampunan bagi hambaNya, segala doa akan dikabulkan, dan amalan-amalan baik akan dilipatgandakan pahalanya, termasuk sedekah. “Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekah pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya”. (Imam Abdurrazaq dalam kitab Al-Mushannaf).

Baca Juga:  Sedekah Pintu Kemuliaan Segala Penjuru

Sedekah di hari Jumat juga memiliki keutamaan lain, yaitu setara dengan keutamaan sedekah di bulan Ramadhan. Tentunya kita tahu bahwa bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah sehingga pastinya amalan dan nilai kebaikan yang terkandung didalamnya sungguh sangat mulia. Sebagaimana dalam hadist berikut, Ibnu Qayyim berkata, “Sedekah di hari Jumat dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya”.

MasyaAllah, begitu dahsyatnya keutamaan sedekah di hari Jumat. Semoga Allah senantiasa memudahkan kita semua untuk menunaikan sedekah. Serta meluaskan maaf dan rezeki bagi kita semua. Jangan takut untuk bersedekah dan mengulurkan tangan kepada mereka yang membutuhkan. Sedekah kita untuk kesejahteraan dan mewujudkan harapan kaum dhuafa. (N)