“Sabar”

Pena Indonesia.co.id – Apabila seseorang yang mendapat musibah dapat  menghadapinya dengan ikhlas dan sabar, maka Allah akan menaikkan  keimanannya dan menyediakan pahala baginya.

“Kenapa nilai ulangannya jelek sekali. Rasanya aku sudah cukup sabar mengajarinya.”

“Kesabaranku sudah habis, kelakuannya seringkali membuat emosiku naik.”

Bisa dikata, setiap manusia pasti pernah diuji kesabarannya dalam kehidupan sehari-hari. Ada-ada saja persoalan yang membuat dia harus menanggung sabar tersebut.

“Aku sudah sabar.”

Pernyataan tersebut acap keluar dari orang yang mengaku sudah bersabar. Dengan ucapan itu, seolah ia lalu membenarkan sikapnya, yang dianggap sudah sejalan dengan kesabarannya.

Baca Juga:  Islam, Jangan Buruk Sangka

Namun jika jujur, apakah kita semua sudah mengetahui hakikat sabar yang sebenarnya?

Orang yang bagaimanakah yang disebut  sebagai orang yang sabar? Adakah ia punya batas yang bisa diketahui?

Sebuah ungkapan menyebut, sabar itu ilmu tingkat tinggi,  belajarnya setiap hari, latihannya setiap saat, ujiannya sering mendadak,  sekolahnya seumur hidup.

Benarkah demikian?

Uswatun hasanah umat Islam yaitu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam (Saw), yang perangainya  mampu membuat seluruh manusia berdecak kagum, adalah teladan luar biasa bagi seluruh alam.

Sikapnya dalam  menghadapi perilaku jahat kafir Quraisy dan kelembutan orang-orang beriman  merupakan bukti kesabaran dan ketabahannya yang patut kita contoh.

Baca Juga:  Kapan Ajalku Tiba!

Mengenai kesabaran, Allah juga menuang satu penjelasan yang sangat bermanfaat dalam al-Qur’an.

Allah berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱسۡتَعِينُواْ بِٱلصَّبۡرِ وَٱلصَّلَوٰةِۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ ١٥٣‏

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar. ” (Al-Baqarah [2]: 153).

Allah mengajarkan, bahwa shalat dan  sabar akan memberi pertolongan dalam setiap urusan-urusan seseorang dalam  hidupnya.

Sebagaimana Allah memberi jaminan bahwa Dia akan bersama orang-orang  yang sabar dalam waktu luang dan sempit sekalipun. R