RS Lapangan COVID-19 Jawa Timur Sudah Tangani 472 Pasien

Penaindonesia.co.id-Newnormal. Tingginya kasus positif di Jawa Timur belakangan ini, menjadi latar belakang Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan kerja di Surabaya, Jawa Timur. Menkes berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat sekaligus melakukan kunjungan terhadap fasilitas Pelayanan Kesehatan yang ada.

Dalam kunjungannya Menkes mengunjungi RS Lapangan COVID-19 yang berada di Indrapura. RS Lapangan COVID-19 ini mulai beroperasi mulai 19 Mei 2020. Sejak pertama di buka, rumah sakit ini sudah menangani total 472 pasien. Menkes memastikan langsung fasilitas dan pelayanan di RS Darurat tersebut sudah baik.

Menkes mengapresiasi seluruh relawan baik tenaga kesehatan dan semua yang terlibat dalam penanganan COVID-19 di Jawa Timur. Bukan hal yang mudah untuk menangani COVID-19, ungkap Menkes saat meninjau keadaan RS Lapangan Darurat COVID dan berdialog langsung dengan petugas yang berada disana.

“Tetap semangat, tetap sehat, perjuangan masih panjang” ucap Menkes kepada seluruh tim.

RS Darurat COVID-19 tidak hanya berfokus kepada penyembuhan pasien saja tetapi bagaimana mengelola psikologi pasien agar tetap bahagia dan imunitas meningkat. Terdapat petugas khusus pendampingan untuk pasien maupun keluarga pasien.

Petugas Pendamping juga membantu pasien yang sembuh saat kembali ke lingkungan tempat tinggal mereka agar tidak ada stigma negatif yang berkembang.

Selama isolasi di RS Lapangan COVID-19, seluruh pasien juga mendapatkan fasilitas yang memadai seperti alat Treadmill, Gym, Koneksi Wifi dan Cafe khusus pasien. Setiap hari pukul 09.00 senam pagi bersama dilakukan untuk menjaga stamina agar lekas pulih.(humas)