Program Rutilahu: Sengkuyung Nyata TNI Bersama Rakyat

Pena Indonesia.co.id – Babinsa Koramil 0811/08 Desa Banjar Sertu Saidi bersama warga bergotong royong dalam melaksanakan program bedah Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu).

Babinsa Desa Banjar Koramil 08 Widang Kodim 0811/Tuban Sertu Saidi membantu renovasi rumah milik Bapak Jumadi (58), warga Desa Banjar RT 02 / RW 01 Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban,Progam Pemprov Jatim dan Kodam V / Brawijaya.

Sertu Saidi mengatakan, kegiatan membantu renovasi rumah warga tersebut dalam rangka melakukan Serbuan Teritorial di wilayah Koramil 0811/08 melalui program pemerintah. “Kegiatan ini juga merupakan pembinaan kewilayahan di desa binaan dan salah satu bakti nyata sekaligus penguatan paradigma kemanunggalan TNI dengan rakyat,” Ucap Sertu Saidi.

Baca Juga:  Senyum Bahagia Wajah Runah, Dapat Bantuan Rutilahu

Kegiatan tersebut sebagai implementasi dari pembinaan teritorial, hal itu sudah menjadi bagian dari tugas pokok TNI AD khususnya membantu kesulitan masyarakat dan pemerintah daerah.

Sementara itu, Bapak Jumadi pemilik rumah disela-sela kegiatan gotong-royong menyampaikan terima kasih kepada TNI dan semua pihak yang ikut membantu lebih khususnya Babinsa Desa Banjar dan Pemerintah Desa yang telah membantu memperbaiki rumahnya.

Terpisah, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon SE, M. I. Pol menyampaikan, Kegiatan tersebut merupakan bagian dari bhakti TNI. Selain melakukan tugas juga ada bhakti kepada warga yang kurang mampu.

Baca Juga:  Wujud Sinergitas, Rutilahu Kodim Tuban Over Prestasi

“Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kepedulian TNI dan pemerintah daerah melalui program yang berkesinambungan dengan Pemprov Jawa Timur terhadap warga kurang mampu serta mampu mengatasi segala kesulitan rakyat di sekitarnya. Hal ini tentunya sesuai dengan apa yang tercantum dalam doktrin Delapan Wajib TNI,”ucapnya, Minggu (15/12).

Untuk tahun 2019 ini Koramil 08 Widang mendapatkan 22 unit sasaran Renovasi Rumah tinggal layak huni (Rutilahu) sedangkan untuk Desa Banjar sendiri mendapatkan 2 sasaran dan kedua sasaran tersebut bisa selesai dan maksimal karena bantuan gotong royong dari lingkungan dan pemdes Banjar.