Presiden RI: Kepala Daerah Satu Visi Tangani Wabah Corona

Pena Indonesia.co.id – Lawan COVID 19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan tegas meminta kepala daerah tidak membuat kebijakan sendiri-sendiri sehingga melahirkan ketidaksamaan visi antara pemerintah pusat dengan daerah dalam penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Joko Widodo Presiden RI mengatakan,”Jangan membuat acara sendiri-sendiri sehingga pemerintah tidak berada di satu garis visi yang sama. Yang paling penting menurut saya bagaimana kerja sama antara pemerintah pusat sampai pemerintah daerah yang paling bawah, dari paling atas presiden sampai kepala desa,” ujarnya, usai meninjau Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (1/4).

Baca Juga:  Tambah 153 Kasus, Total Pasien Positif Corona RI 1.046 Jiwa

Ia menegaskan, kerja pemerintah berdasarkan pada aturan perundang-undangan serta amanat konstitusi.

Joko Widodo pun menyampaikan bahwa kepala desa penting untuk mengambil kebijakan isolasi mandiri dalam menyambut arus mudik masyarakat di waktu dekat. Menurutnya, desa juga bisa menyiapkan jaringan pengaman sosial bagi masyarakat di desanya masing-masing.

“Ini bekerja dari pucuk paling atas sampai bawah, pegangannya satu undang-undang,” ungkap Jokowi.


Diketahui Presiden Jokowi meneken Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2020 (Covid-19) dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca Juga:  Corona di Indonesia bertambah: 790 Positif, 58 Meninggal, 31 Sembuh

Kedua aturan itu dikeluarkan dalam rangka penanganan dan pencegahan penyebaran wabah virus corona di Indonesia.

Bagikan :    virus coronajokowicovid-19