Presiden Joko Widodo Serahkan 2.020 Sertifikat Tanah Untuk Rakyat Jawa Timur

Pena Indonesia.co.id –  Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 2.020 sertifikat tanah untuk rakyat di Wahana Ekspresi, Kab Gresik. Usai penyerahan sertifikat Jokowi memberikan pesan khusus bagi masyarakat yang telah menerima sertifikat tanah. Senen (27/01).

Di acara penyerahaan seritikat Joko Widodo berpesan, “Sertifikat ini sebagai bukti tanda hak hukum tanah yang kita miliki. Dijaga dengan baik. Dimasukkan kantong plastik, difotokopi, yang asli dan fotokopi disimpan terpisah. Jika salahbsatunya rusak atau hilang masih bisa diurus lagi dan itu gampang prosesnya,”  pesanya.

Ia pun menyempatkan bertanya pada masyarakat yang hadir saat penyerahan sertifikat. “Siapa yang sudah pegang (sertifikat, red) pingin disekolahkan (digadaikan atau diagunkan ke bank, red). Ngaku aja,” ujarnya disambut tawa ribuan warga yang hadir. “Saya hanya titip, kalau dipakai jaminan agunan dihitung dan kalkulasi dulu. Sanggup gak nyicil atau ngangsur (bayar kredit bank, red) tiap bulan. Tanah besar dapat 300 juta harus punya perencanaan dan rincian,” imbaunya.

Baca Juga:  Presiden RI Kunker Ke Jawa Timur

“Jangan bingung pergi ke dealer mobil. Jangan digunakan untuk beli mobil sepeda motor. Semua untuk modal usaha dan investasi. Nanti jika dapat keuntungan dari usaha baru buat beli mobil motor, silahkan,” pesannya. 

Presiden Joko Widodo juga memanggil dua penerima sertifikat tanah, yakni Ibu Atika dari Tambak Wedi Surabaya dan Zawawi dari Paciran Lamongan. Kepada Joko Widodo, Atika mengaku akan mengagunkan sertifikatnya dengan luas tanah 23 meter persegi pada bank BRI untuk usaha es degan. “Saya mau pinjam Rp 20 juta pak ke BRI untuk usaha es degan. Rp 10 juta untuk sewa kios setahun dan Rp 5 juta untuk modal beli degan kelapa. Sisanya Rp 50 juta untuk ditabung dulu,” jelas Atika. 

Baca Juga:  Pasar Kepatihan Menganti Terbakar

Joko Widodo pun memberikan saran pada Atika agar dapat menghitung kemampuan membayar angsuran. “Harus dirinci. Karena kalau tidal sanggup membayar, maka sertifikatnya nanti bisa diambil bank,” sarannya.

Usai penyerahan, Presiden Jokowi memberikan foto dengan Atika dan Zawawi saat dialog di panggung. “Ini bentuk kerja cepat. Saya beri foto untuk Bu Atika dan Pak Zawawi. Yang mahal itu, dalamnya ada foto dan disampulnya ada tulisan istana kepresidenan,” ujarnya. Presiden juga memberikan keduanya hadiah berupa sepada. (Kominfo Jatim)