Presiden Joko Widodo Minta Minggu Ini Seluruh Bansos Sudah Diterima Masyarakat

Pena Indonesia.co.id – Lawan Corona. Presiden RI Joko Widodo (jokowi) memerintahkan Kementerian Sosial bekerjasama dan pemerintah daerah segera mempercepat penyaluran bantuan sosial atau bansos bagi masyarakat terdampak wabah Covid-19.

“Saya minta minggu ini seluruh bansos sudah diterima masyarakat. Baik itu yang PKH, paket sembako, Bansos tunai, BLT, maupun Dana Desa,” ujarnya Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sejumlah arahan terbaru terkait pandemi virus korona atau Covid-19 dalam rapat terbatas yang digelar melalui telekonferensi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin kemarin, 4 Mei 2020.

Presiden juga meminta Menteri Sosial Juliari P. Batubara, para gubernur, bupati, wali kota, camat, hingga kepala desa untuk turun langsung menyisir ke lapangan.

Selain itu, Ia juga meminta agar para kepala daerah bisa fleksibel dalam mencari solusi bagi warga miskin yang belum mendapatkan bansos.

“Saya juga minta data penerima bansos dibuka secara transparan, siapa yang dapat, kriterianya apa, jenis bantuannya apa sehingga jelas, tidak menimbulkan kecurigaan-kecurigaan dan kita bisa melakukan segera, koreksi di lapangan.

Jadi sudah saya sampaikan mengenai persoalan timing, betul-betul harus di-manage secara baik karena ada bantuan dari pusat, dari daerah, kemudian juga dari desa,” ujarnya.

“Yang terakhir, saya minta dibuat hotline untuk pengaduan sehingga apabila menemukan penyimpangan-penyimpangan, kita bisa ketahui secara cepat,” tandasnya.