PP Perpani Optimis, Panahan Jatim Juara Ke 10 di PON 2020 Papua

Pena Indonesia.co.id – Pengurus Pusat (PP) Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani) mendukung upaya Pengurus Provinsi (Pengprov) Perpani Jatim merebut juara umum 10 kali berturut-turut dalam PON Papua 2020 mendatang.

“Kalau membuat target sekalian yang besar. Kalau bisa lebih dari sepuluh emas dan Jatim bisa meraih juara umum sebanyak 10 kali PON di Papua,” kata Wakil Ketua 3 PB Perpani, Soni Haryanto kepada wartawan usai pelantikan Pengprov Perpani Jatim periode 2019-2023 di Surabaya, Sabtu (26/10/2019) malam.

Pihaknya salut dengan kepengurusan Perpani Jatim yang sudah berhasil mengukir prestasi dengan meraih juara umum sembilan kali berturut-turut PON. Hal itu berkat program kerja yang bagus, latihan dan settingnya bagus. Semuanya jelas.

“Nah, di PON tahun depan, Perpani Jatim kembali mencanangkan target juara umum ke sepuluh kali. Dengan program yang jelas, maka Perpani dan KONI Jatim harus bisa mewujudkan target itu,” ujarnya.

Baca Juga:  Cegah Virus Corona Guru Besar Unair Ajak Masyarakat Optimalkan "Empon-Empon"

Hal lain yang bisa mendorong mewujudkan target tersebut, menurutnya, yaitu kualitas atlet yang dimiliki Jatim. Sejauh yang dia amati, prestasi daerah lain masih kalah jauh dari Jatim.

“Ada satu dua daerah boleh-boleh saja. Tetapi, kalau sudah di dalam satu tim, masih jauh. Makanya, saya berpesan kepada Perpani Jatim kembangkan panahan di provinsi ini,” ungkapnya.

Kelebihan lain yang dimiliki Jatim, lanjutnya, memiliki banyak Kabupaten/Kota. Kalau dilihat dari jumlah 38 kab/kota untuk dikembangkan lagi dengan banyak klub, maka Jatim tidak akan kekurangan atlet.

“Atlet-atlet yang bermunculan nanti bersama atlet yang sudah berprestasi. Makanya, kalau sampai ketua Perpani Jatim tidak berprestasi malu dengan KONI nya. Karena itu, lanjutkan dan harus bisa,” tuturnya.

Baca Juga:  Cegah Corona, PT KAI Operasikan Rail Clinic Keliling

Ketua Harian KONI Jatim, M Nabil menambahkan pihaknya berpikir untuk Perpani sudah tidak Indonesia lagi. Namun, Jawa Timur untuk internasional.

“Harapan itu, untuk jangka pendek, maka realisasinya adalah di PON 2020. Kita punya harapan bagaimana panahan bisa mendulang emas lebih banyak dibanding PON 2016 di Jawa Barat,” ujarnya.

Target merebut juara umum sepuluh kali berturut-turut tersebut, disampaikan Ketua Umum Pengprov Perpani Jatim, Deni Trisyanto. Di acara pelantikan, Deni menyebut target itu mengacu pada hasil Pra PON di Jakarta, dimana tim panahan Jatim berhasil merebut 18 emas.

“Dengan target 10 emas, tidak mustahil kami bisa memenuhi keinginan menjuarai sepuluh kali berturut-turut PON. Ini momentum bagus. Sembilan kali juara umum PON, itu artinya panahan Jatim sudah berprestasi selama 36 tahun,” jelasnya. (Adha)