Polda Jatim Gelar Pelatihan Peningkatan SAR Brimob

Pena Indonesia.co.id – Mapolda Jawa Timur menggelar Pelatihan Peningkatan Kemapuan Search And Rescue (SAR) bagi anggota Korps Brimob di Waduk Bening Madiun, Rabu (12/2).

Pelatihan dilakukan sebagai bentuk respon kepolisian menyikapi potensi ancaman bencana yang masih cukup besar di wilayah Jawa Timur.

Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Djamaludin mengatakan,”Latihan SAR ini harus diikuti dengan keseriusan bagi seluruh anggota agar dapat melakukan tindakan SAR yang benar saat terjadi bencana. Kegiatan ini sebagai upaya membatu masyarakat yang terkena bencana,” ujar Djamaludin.

Baca Juga:  Kasus Prostitus PA, Polda Jatim Tangkap Bos Mucikari Artis

Ia menambahkan, latihan peningkatan kemampuan SAR ini dilaksanakan Sat Brimob Polda Jatim. “Kami berupaya menyiapkan Kontijensi Aman Nusa II dalam menghadapi bencana di wilayah Polda Jatim 2020,” tuturnya. 

Targetnya, imbuh dia, dengan pelatihan SAR ini dapat menghasilkan kekuatan SAR yang terintegrasi secara masif. Sehingga, pelayanan SAR yang dimiliki personel Pokda Jatim bisa laksanakan tugas secara cepat dan optimal.

“Tugas SAR merupakan misi kemanusiaan dan memiliki dimensi moral yang tinggi. Bagi insan SAR, hal ini menjadi suatu kebanggaan apabila berhasil menyelamatkan nyawa korban,” pungkasnya.

Baca Juga:  Jatim Raih 3 Emas Anugerah Proper 2019

Sebelumnya Ia berharap, seluruh peserta pelatihan mampu mengaplikasikan seluruh teori dan keterampilan yang didapat selama pelatihan. Hal itu untuk keperluan teknis operasional di lapangan pada saat dibutuhkan guna menangani musibah dan bencana yang terjadi dengan baik dan maksimal. Latihan kemampuan SAR itu dilaksanakan selama tiga hari hingga Jumat 14 Februari 2020 dan diikuti sebanyak 200 anggota Brimob Polda Jatim.