Polda Amankan Lima Mobil Hasil Kejahatan

Pena Indonesia.co.id – Mapoolda Jatim kembali amankan lima unit mobil dari wilayah Jember. Pengungkapan itu dari hasil pengembangan kasus yang dilakukan Tim Resmob Jogoboyo dari Unit V Subdit III Jatanras dan berhasil mengamankan satu tersangka bernama Supardi (SP) usia 46 tahun di Jember.

Lima unit mobil yang diamankan yakni Mitsubishi Pajero, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Toyota Innova, dan Daihatsu Ayla. Kelima mobil itu kini sudah diamankan di Direktorat Reskrimum.

Direktur Reskrimum Polda Jatim, Kombes Pol Pitra Andrias Ratulangi, mengatakan, “Hari ini ada lima unit lagi yang berhasil diamankan dari tersangka SP di Jember. Ini pengembangan dari kasus sebelumnya namun beda jaringan,” kata Pitra di Mapolda Jatim, Kamis (6/2).

Baca Juga:  Timsus Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim Ringkus 3 Tersangka Sindikat Curat

Ia menambahkan, Modusnya, SP mengaku menerima titipan mobil dari tersangka RS yang saat ini sudah ditetapkan sebagai DPO (daftar pencarian orang). “Bulan Januari 2020 itu SP terima mobil yang hanya dilengkapi dengan STNK dari RS untuk dijual senilai Rp 21 juta. Mobil selanjutnya hendak dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi oleh SP,” jelasnya.

Kasubdit Jatanras Polda Jatim melalui Kanit V, Kompol M Aldy Sulaiman menjelaskan, pengungkapan berawal dari informasi pihak pembeli berinisial RF dan AK. Keduanya yang kini menjadi saksi itu menjelaskan adanya kejanggalan dari unit mobil yang dibeli dari SP.

Baca Juga:  10 Satker Polda Jatim Canangkan WBK dan WBBM, Wakapolda Beri Apresiasi

Selanjutnya, penyidik melakukan pengecekan di Jember dan berhasil mengamankan SP. Lima unit mobil yang diamankan, kata Aldy, oleh tersangka ditempatkan di dekat rumahnya, sehingga penyidik dengan mudah mengamankan mobil hasil kejahatan tersebut, Rabu (5/2) kemarin.

Kombes Pitra juga menegaskan, dengan pengungkapan lima unit mobil itu, sebagai bentuk keseriusan Polda Jatim dalam menindaklanjuti laporan dari masyarakat. “Artinya pengungkapan pencurian kendaraan bermotor ini terus kami lakukan dan tidak berhenti,” pungkasnya.