Pesan Natal Uskup Surabaya: “Hiduplah sebagai Sahabat bagi semua Orang”

Pena Indonesia.co.id – Ribuan umat Katolik memadati Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, Surabaya untuk menjalankan Misa Malam Natal pada Selasa (24/12/2019) malam.

Malam MisaNatal pertama di gereja ini secara langsung dipimpin oleh Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono Uskup Surabaya.

Salah satu Pengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP) Kerasulan Khusus Gereja, Yohanes, mengatakan, pada Misa Malam Natal pertama, memang sudah menjadi tradisi banyak umat yang datang. Alasannya, karena di Misa ini, bapak Uskup sendiri yang memimpin Misa.

Baca Juga:  Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

“Sudah tradisi, Misa pertama pasti rame. Sampai tidak ada (tidak kebagian, red) tempat duduk,” ujarnya kepada media di lokasi pada Selasa (24/12/2019) malam.

Di Misa pertama Malam Natal, Gereja Katedral Surabaya mengambil tema “Hiduplah sebagai Sahabat bagi semua Orang” yang diambil dari Yohanes 15:14-15. Tema ini juga menjadi tema yang diusung oleh PGI dan KWI.

“Karena melihat suasana saat ini, kan perpecahan dan kerusuhan seperti itu. Ini (kondisi tersebut, red) diidentikkan dalam peristiwa natal sebagai kandang. Kandang yang dingin, gelap, pengap, ini ibarat seperti suasana ini. Dingin, terpecah belah. Intoleransi. Dengan kondisi seepeti itu, ini gereja mau mengangkat tema itu tadi. Mau menjawabi bahwa ini loh kita harus seperti ini, kita ini satu suadara, kenapa harus intoleran dan sebagainya,” jelasnya.

Baca Juga:  Manajemen De Berry: Kita Murni Karaoke Keluarga

Di hadapan para umat Katolik, Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono berharap, dalam momen hadirnya Yesus di dunia, mampu menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang teduh dan sejuk.