Penyebab Utama Penyebaran Covid-19 Telah Diketahui

PenaIndomesia.co.id-Lawancorona. Daily Mail memberitakan, hasil penelitian baru menunjukkan bahwa bernafas atau berbicara adalah penyebab terbesar dari penularan virus corona sedangkan infeksi virus melalui permukaan benda memiliki tingkat paling kecil.

Peneliti Cina percaya bahwa bernafas dan berbicara adalah sumber penularan utama bersamaan dengan batuk, dan hal ini telah menyebabkan penyebaran virus secara meluas.

Ilmuwan Cina telah menemukan bahwa pasien covid – 19 bisa menghembuskan jutaan virus per jam, bahkan jika mereka memiliki gejala ringan, atau bahkan tidak menunjukkan gejala sedikitpun.

Mereka mengatakan bahwa dengan keterangan ini maka masker wajah sangatlah diperlukan; Orang harus menggunakan masker wajah di tempat umum dan di dalam ruangan untuk mengurangi penularan virus corona.

Para ahli Cina mengatakan kepada Mail Online: “Banyak bukti sekarang ini menunjukkan bahwa penggunaan masker wajah terpaksa sangat diperlukan dan memiliki efek terbesar dalam mencegah penyebaran virus corona.”

Sebelumnya, sumber utama penularan diduga adalah tetesan dari batuk dan bersin saja, tetapi temuan terbaru menunjukkan bahwa virus corona dapat dengan mudah tetap hidup di udara, dan hal ini  menyebabkan penyebaran virus ini bisa tersebar luas di seluruh dunia.

Penelitian ini belum dipublikasikan dalam jurnal ilmiah atau dipelajari oleh ilmuwan lain, tetapi telah dilakukan pengujiannya oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Beijing.

Tiga puluh lima pasien dengan covid-19 diperiksa dalam penelitian ini, dan sekitar 300 sampel virus dari respirasi mereka dikumpulkan pada permukaan, udara dalam ruangan.

Studi ini menemukan data bahwa rata-rata, ada tiga kali lebih banyak virus dalam napas pasien yakni 7,16% dibandingkan dengan  permukaan benda dengan tingkat jumlah virus  sebanyak 5,4%.

Begitu pun empat kali lebih tinggi pada napas pasien pada sampel udara di dalam kamar atau ruangan dan koridor yakni sebanyak 3,8%.

“Studi ini sangat valid,” kata Ian Jones, seorang ahli virus di Universitas Reading. “Partikel-partikel di udara adalah sumber terbesar virus, dan untuk memblokirnya dengan masker akan menjadi paling efektif,” katanya kepada Mail Online.

Sebelumnya permukaan suatu benda yang tercemar virus dianggap sebagai salah satu penyebab utama penularan covid-19, dan banyak penelitian telah menunjukkan bahwa virus ini dapat bertahan selama berhari-hari pada logam dan plastik.

Tetapi dalam sebuah makalah para peneliti, yang dipimpin oleh Profesor Jianxin dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Beijing, mengatakan: banyak pengamatan yang tidak mendukung kuat bahwa transmisi langsung melalui kontak dengan permukaan benda memainkan peran utama dalam penyebaran covid 19.