Pemprov Jatim Bersama Pemkab Bondowoso Lakukan Pemulihan Infrastruktur dan Rumah Korban Banjir

Pena Indonesia.co.id – Pasca banjir bandang yang melulu lantakan infrastrutur dan rumah warga, akan menjadi skala prioritas pemulihan oleh Pemprov Jatim dan Pemkab Bondowoso.

Di lansir dari Kominfo Jatim, Gubernur khofifah Indar Parawansah mengatakan,“Tadi saya sudah lihat langsung dengan pak Bupati Bondowoso akibat banjir bandang kemarin ada kerusakan di tanggul sungai di Desa Kalisat ada tanggul jebol. Dan ini butuh perbaikan segera oleh pemerintah Kabupaten Bondowoso. Untuk tanggul yang rusak tersebut saat ini sudah ditutup sementara oleh BPBD dengan material yang dimasukan di dalam karung, “ujar Khofifah, ditemui di sela – sela sidak Banjir Bondowoso, Kamis (30/1).

Lebih lanjut, khofifah juga meminta, untuk tanggul yang jebol tersebut pihaknya juga meminta kepada PUPR agar ikit membantu perbaikan tanggul tersebut. “Sebelum dilakukan perbaikan pihaknya meminta pihak PUPR berkoordinasi dengan Bina marga Jatim, dan Bondowoso,”pintanya.

Sedangkan terkait perbaikan rumah warga, pihaknya meminta kepada kabupaten untuk terlebih dahulu mendata berapa korban rusak rumah akibat banjir bandang kemarin. Meningat data yang diterima dari desa Kalisat ada 13, kemudian 80 rumah di Desa Sempoll. “Dengan adanya pendataan  ini diharapkan rumah korban banjir bandang Bondowoso ini segera dilakukan perbaikan,”paparnya.

Gubernur juga menyampaikan terima kasih kepada bupati Bondowoso yang telah menerbitkan surat status tanggap darurat selama 14 hari terkait bencana banjir bandang Bondowoso. “saya juga ucapkan terima kasih kepada semua relawan bencana mulai TNI, Polri, Ormas, dan pihak swasta yang telah membantu korban bencana dan membersihkan sisa lumpur banjir bandang Bondowoso yang terjadi pada, Rabu (29/1),”katanya.

Seperti diketahui, Banjir bandang tersebut, terjadi di wilayah Desa Sempol dan Kalisat Kecamatan Ijen, Bondowoso, sekitar pukul 14.00 WIB, Rabu (29/1/2020). Banjir terjadi akibat intensitas hujan yang lebat di kawasan gunung di kab Bondowoso.

Sekitar pukul 16.30 WIB, banjir bandang sudah surut. Sampai saat ini, hujan sudah reda dan banyak material lumpur, kayu dan batang pohon di jalan-jalan desa. Petugas BPBD dibantu aparat dan warga setempat sibuk membersihkan jalan-jalan yang dipenuhi lumpur.(pca/s)