Pemprov Belum Putuskan Perpanjangan PSBB di Surabaya Raya

PenaIndonesia.co.id-LawanCorona. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa timur Heru Tjahjono menegaskan bahwa belum ada keputusan perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Surabaya Raya yang meliputi Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. Padahal, penerapan PSBB jilid kedua akan berakhir pada Senin (25/5/2020) hari ini.

Heru mengatakan, saat ini pemerintah provinsi tengah melakukan evaluasi PSBB di tiga daerah tersebut sekaligus melakukan inventarisasi kesiapan rumah sakit dan tenaga kesehatan untuk mengantisipasi lonjakan pertumbuhan kasus baru.

“Belum ada. Kami masih menginventarisasi hal-hal terkait pelaksanaan PSBB ini agar komprehensif dan dapat informasi secara ril. Termasuk mengecek ke rumah sakit rumah sakit rujukan jika ada lonjakan pasien yang harus ditampung,” ujarnya, Senin (25/5/2020).

Ia menekankan, pemerintah provinsi berperan sebagai mediator antara pemerintah pusat dan pemerintah kota dan pemerintah daerah. Karena penetapan PSBB kota/kabupaten merupakan wewenang pemkot/pemkab masing-masing.