Palsukan Sertifikat Spesimen Satwa Dilindungi, Jeffri Dimeja Hijaukan

Pena Indonesia.co.id – Terdakwa Jeffri r Gunawan, kasus pemalsuan sertifikat spesimen satwa dilindungi, diadili di Pengadilan Negeri Surabaya dengan agenda pembacaan surat dakwaan.

Dalam surat dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sri Winarni, yang dibacakan di ruang sidang Garuda 2 menyebutkan, bahwa terdakwa di dakwa telah dengan sengaja menyimpan, memiliki, memelihara mengangkut dan memperdagangkan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup tanpa ijin resmi dari pihak yang berwenang.

“Terdakwa telah melanggar sebagaimana diatur dan diancam pidana sesuai pasal 40 ayat (2) jo pasal 21 ayat (2) huruf a Undang Undang RI No. 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya,”ucap jaksa dari Kejati Jatim tersebut.

Usai dibacakan, ketua majelis hakim Achmad Virzha menanyakan terkait kebenaran dari isi surat dakwaan JPU. Tanpa beban dan berpikir panjang, terdakwa Jeffri langsung membenarkan. “Benar pak hakim,”ujar terdakwa.

Slamet Priyanto, Penasehat Hukum (PH) terdakwa Jeffri, ketika diberikan kesempatan untuk mengajukan upaya hukum dengan mengajukan Nota Keberatan (Eksepsi), menyampaikan tidak akan mengajukan Eksepsi dan menyetujui sidang untuk dilanjutkan. “Lanjut pak hakim,” kata PH terdakwa.(jk)