Nikmatnya Puasa Sunah Senen-Kamis

Pena Indonesia.co.id – بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (Bismillahirrahmanirrahim), Lawan COVID 19. Puasa senin kamis merupakan suatu amalan sunah yang kaya akan hikmah. Sesuai dengan namanya, puasa ini di lakukan pada hari senin dan juga kamis. Amalan puasa ini pun sudah di contohkan langsung oleh Rasulullah SAW, agar dapat di jalankan oleh umat islam. Sesuai dengan hadits yang diriwayatkan muslim dan tirmidzi yang artinya : “abu qatadah r.a berkata, pernah Rasulullah SAW ditanya puasa pada hari senin. Jawabnya : “hari itu saya dilahirkan dan di hari itu saya diutus serta Qur’an diturunkan kepadaku” (HR. Muslim).

Puasa Menjadi Ladang Pahala

Berpuasa menjadi suatu ladang pahala bagi umat islam yang menjalankannya, terutama pada saat bulan ramadan tiba, yang dimana amal ibadah kita dalam berpuasa akan di lipat gandakan sepuluh bahkan seratus kali lipat dari biasanya. Meskipun begitu puasa sunah juga menjadi salah satu ibadah yang tak kalah penting dan sayang jika Anda  lewatkan.

Puasa sunah sendiri ada berbagai macam, salah satunya yaitu puasa sunah senin kamis, salah satu puasa yang dapat membantu kita untuk menambal amalan-amalan dari puasa wajib kita yang mungkin terlewatkan karena satu atau dua hal. Amalan yang di dapat pun tidak kalah istimewa dengan puasa wajib salah satunya di bukanya pintu surga bagi mereka yang rutin menjalankannya.



Hikmah Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis dapat mendatangkan hikmah bagi kita yang menjalankannya, hikmah yang kita dapatkan diantaranya yaitu :

1. Kejiwaan Yang Lebih Stabil

Kita menjalankan puasa bukan hanya menahan haus serta lapar. Akan tetapi dengan dengan rutin menjalankan ibadah puasa senin kamis secara tidak langsung mengajari kita dan membiasakan diri untuk menjadi pribadi yang lebih sabar dan dapat menahan amarah, dan tak mudah berburuk sangka pada orang lain. Sehingga dapat mewujudkan ketakwaan yang kuat dalam diri kita dan jiwa pun merasa lebih tenteram dan juga damai.



2. Melatih Diri Agar Terhindar Dari Dosa

Dengan rutin berpuasa kita akan terhindar dari berbagai perbuatan dosa yang hanya akan menjerumuskan kita pada kemaksiatan saja. Maka dari itu dengan berpuasa minimal dua kali seminggu saja dapat menjadi benteng bagi diri kita dan menjauhkan dari siksa api neraka.

3. Membiasakan Diri Untuk Berhati-Hati Dalam Berbuat

Dengan kita menjalankan ibadah puasa senin kamis, maka kita dapat menghindari hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa kita yakni dengan menjaga lisan, perbuatan serta hati. Dengan demikian sesudah kita membiasakan diri berbuat baik di saat berpuasa, kita akan terbiasa dan lebih berhati-hati dalam melakukan suatu tindakan. Karena perlu di ingat Allah SWT maha mengetahui apa yang kita lakukan dan kerjakan.

4. Puasa Menunjukkan Keseimbangan Dalam Hidup

Berpuasa merupakan bentuk ibadah seorang umat kepada Allah SWT. Dengan menjalankan puasa, maka kita sudah menjalankan kewajiban untuk bekal kelak di akhirat dan meninggalkan sejenak kebutuhan duniawi. Karena pada dasarnya kebutuhan dunia bila diikuti tidak akan pernah ada ujungnya atau dengan kata lain kepuasan dalam diri manusia tidak akan ada ujungnya. Tetapi yang perlu kita ketahui kepentingan dunia dan akhirat harus seimbang sehingga hikmah dari puasa dapat kita rasakan secara utuh.

5. Melatih Diri Untuk Hidup Sederhana

Berpuasa senin kamis juga dapat melatih kita menjadi pribadi yang sederhana, karena di saat kita berbuka puasa akan terasa nikmat walau hanya dengan segelas air putih dan sesuap nasi, dengan hal itu kita dapat lebih menghargai dan bersyukur atas rezeki yang kita peroleh. Karena sesungguhnya Allah SWT menyukai hal yang sederhana dan tidak terlalu menyukai yang berlebihan.

Apakah dengan hikmah puasa sunah senin kamis yang demikian besarnya, akan Anda lewatkan begitu saja? Tentunya Anda tidak ingin bukan kehilangan semua hikmah yang bisa Anda peroleh seperti yang telah penulis sebutkan diatas? Maka dari itu mari kita mulai membiasakan diri untuk melaksanakan puasa sunah senin kamis, agar memperoleh berbagai hikmah tersebut. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.