Muliakan Ibu dan Bapakmu

Pena Indonesia.co.id – بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (Bismillahirrahmanirrahim) Lawan COVID 19. Bulan Ramadan tinggal menghitung hari, ramadan merupakan bulan penuh berkah dan kebaikan.

Bulan yang suci ini juga merupakan ladang amal bagi semua anak Adam dengan cara berbuat baik kepada sesama, sahabat, keluarga, dan kepada kedua orangtua.

Sebagai bulan penuh ampunan (maghfirah) pula, momentum padat ibadah selama sebulan ini juga jangan dibiarkan berlalu begitu saja.

Sebagai bulan penuh keutamaan, perbuatan baik kepada keluarga, sanak saudara, sahabat, teman, dan khususnya kepada orangtua kita menjadi sangat utama sebagai bentuk birrul walidain atau berbakti kepada orangtua kita,

Baca Juga:  Pasien Positif Corona Jatim 187 Orang, 38 Sembuh

Mengutip Alquran Surah Al Isra ayat 23 :

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya hingga berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-sekali janganlah mengatakan kepada keduanya perkataan h, dan janganlah kamu membentak mereka, namun ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia”.

Dalam Alquran, lanjutnya, perintah memuliakan orangtua juga termaktub dalam beberapa surah, diantaranya Surah Lukman.

Begitu pula dalam sejumlah hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari, bahwa Rasulullah bersabda, “Dosa-dosa besar adalah berbuat syirik kepada Allah, durhaka kepada kedua orangtua, membunuh jiwa, serta sumpah palsu”.

Baca Juga:  Kenapa Pemerintah Enggan Tetapkan Lockdown Corona, Ini Penjelasan Presiden Jokowi

Diriwayatkan dalam salah satu hadis yang sering kita dengar, Rasulullah pernah berpesan agar seorang anak menghormati ibunya lebih dari tiga kali, ketimbang ayahnya yang disebut Rasulullah satu kali.

Lebih dari itu,”surga berada di telapak kaki ibu,”mencerminkan amat mulianya sosok ibu.