MotoGP: Saatnya Junior Berjaya

Penasport-Lawancorona. Pindahnya Jack Miller ke Ducati Team pada 2021 seolah menegaskan bahwa MotoGP kini telah memasuki era baru. Tim-tim peserta terbukti mengincar rider-rider muda yang bisa dijadikan proyek jangka panjang, dan para rider senior perlahan mulai tersisih akibat berbagai faktor.

Dengan hitungan jari,beberapa pebalap yang berusia 30 tahun atau lebih, kini sudah mulai mempertimbangkan masa pensiun, sementara sisanya berpeluang pindah kejuaraan. Valentino Rossi misalnya. Telah berusia 41 tahun, The Doctor masih ingin balapan pada 2021, namun yakin takkan balapan lagi pada 2022.

Pemotor LCR Honda, Cal Crutchlow, yang pada Oktober nanti berusia 35, mengaku telah membicarakan kontrak baru. Meski begitu, sejak tahun lalu, rider Inggris ini menyatakan tubuhnya kadang tak mampu lagi dipaksa untuk tetap bugar, dimulai dari cedera engkel parah yang ia alami akibat kecelakaan hebat di Australia pada 2018.

Dan saat ini, negosiasi kontrak antara Ducati Team dan Andrea Dovizioso juga diketahui berjalan alot akibat besaran gaji. Meski kemungkinan masih bisa balapan, pada Februari lalu, rider berusia 34 tahun itu telah memberi sinyal bahwa dirinya bakal oke-oke saja jika pensiun pada akhir 2020.