Minat Seleksi PPLP Atletik Lampaui Target

Penasport. Keinginan atlet atletik pelajar Jatim untuk bisa mengasah kemampuan di Pusat Pembinaan dan Latihan Olah Raga Pelajar (PPLP) Jatim sangat tinggi, terbukti sebanyak 58 peserta mengikuti seleksi yang digelar di Stadion Brawijaya Kediri 31 Oktober hingga 1 November.


Sebenarnya pihak panitia hanya mentargetkan 30 atlet, namun karena banyak atlet yang antusias mengikuti sehingga jumlahnya membengkak menjadi 58 atlet yang semuanya memiliki prestasi di Kejuaraan Daerah (Kejurda) maupun kejuaraan lainnya. Maka proses seleksi berlangsung sangat ketat karena seluruh peserta menunjukkan kemampuann agar bisa masuk PPLP.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Jatim, Supratomo menjelaskan, semua proses seleksi diawasi secara ketat oleh para pelatih dan peserta seleksi merupakan atlet pelajar yang sudah berprestasi.


“Jadi intinya kita menseleksi atlet berprestasi namun yang terbaik akan bergabung di PPLP atletik dan nantinya bisa menghasilkan output yang bagus,” kata Supratomo saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Senin (2/11) lalu.


Lebih lanjut, Supratomo menjelaskan, sebelum dilakukan seleksi para pelatih PPLP Atletik sudah memantau prestasi atlet pelajar Jatim. ”Pelatih memiliki kewajiban untuk memantau atlet di daerah dan memberikan informasi begitu ada seleksi PPLP. Dan Seluruh proses seleksi menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.


Sementara itu Kepala Seksi Olahraga Pendidikan dan prestasi Bidang Keolahragaan Dispora Jatim, Nurul Anshori menjelaskan, dari 58 atlet yang ikut seleksi nantinya hanya diambil 4 orang untuk menggantikan atlet PPLP atletik yang saat ini sudah kelas XII.


“Di PPLP atletik saat ini ada 12 atlet dan empat atlet terdegradasi karena sudah kelas XII, sehingga mereka tidak mungkin diturunkan di Popnas 2021,” kata Anshori.