Mendagri: Angka Pengangguran Indonesia Semakin Gemuk.

Pena Indonesia.co.id – Pemenintah, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyebut tingginya pertumbuhan penduduk Indonesia dari tahun ke tahun membuat angka pengangguran semakin gemuk. Angka pengangguran masyarakat Indonesia mencapai sekitar 7 juta jiwa.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengatakan, “Yang nganggur 7 juta lebih. 7 juta itu (setara) lebih dari satu negara itu,” ujar Tito dalam Rakornas Investasi 2020, di Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Dia menambahkan,tingginya angka pengganguran ini kerap memicu tindakan negatif. Mulai dari begal, penipuan, hingga konflik sosial. Oleh karenanya pertumbuhan penduduk tersebut harus ditangkap sebagai peluang dalam memberikan mereka pekerjaan sehingga produktif.

Baca Juga:  KPK Resmi Tetapkan Wahyu Setiawan Sebagai Tersangka

Sebelumnya Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pengangguran pada Agustus 2019 sebesar 7,05 juta orang. Angka ini naik sebesar 50.000 orang dari tahun lalu di periode yang sama mencapai 7 juta orang. Namun, secara persentase, angka pengangguran turun menjadi 5,28 persen dari Agustus 2018 sebesar 5,34 persen.

Sementara, 126,51 juta orang adalah penduduk bekerja. Di mana, jumlah angkatan kerja adalah 133,56 juta orang. Jumlah angkatan kerja ini naik sebesar 2,55 juta orang.