Memanas! Cina Ingatkan AS Tidak Gunakan Sistem Rudal Todd dan F-35 di Taiwan

Penadunia-Newnormal, Salah satu pejabat senior militer Cina telah memperingatkan kemungkinan AS mengerahkan jet tempur canggih dan sistem pertahanan rudal Todd di Taiwan.

Jika Amerika Serikat berani mengerahkan sistem Todd atau jet tempur F-35 di Taiwan, maka militer Cina akan menyerang dan membebaskan Taiwan, ucap pejabat senior militer Tiongkok itu.

Media pemerintah China juga memperingatkan pada hari Rabu bahwa perang skala besar akan pecah jika Amerika Serikat menginvasi pulau-pulau Cina dan Laut Cina Selatan.

Sementara itu, pesawat militer AS telah banyak terbang dekat dengan pelabuhan-pelabuhan Cina dalam beberapa tahun terakhir. Ketika ketegangan meningkat antara Amerika Serikat dan Cina, sebuah pesawat militer AS terbang ke pelabuhan Shanghai pada jarak 76,5 km, jarak terdekat ke Cina dalam beberapa tahun terakhir. Pada misi udara hari Minggu, sebuah pesawat AS anti-kapal selam Poseidan-8 dan pesawat pengintai AJ-3 terbang melalui Selat Taiwan di dekat pantai Xi Jiang dan Fujian.

Beijing menganggap Taiwan bagian dari wilayah China, dan menganggap langkah AS dan penjualan senjata ke Taiwan sebagai pelanggaran kedaulatannya dan bertentangan dengan kebijakan “satu China”.

Pejabat senior Tentara Rakyat Cina baru-baru ini memperingatkan AS bahwa serangan militer terhadap Taiwan akan menjadi salah satu pilihan Beijing jika tidak ada cara untuk menghentikan upaya untuk melepaskan Taiwan dari Cina.