Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

Pena Indonesia.co id – Wudhu dalam bahasa Arab memiliki arti Bersuci yang maksudnya adalah mensucikan diri dari segala macam kotoran yang di lakukan dengan menggunakan air suci, yaitu air yang bersih, tidak berbau dan tidak tercemar dan biasanya berasal dari air sumur, sungai, air lelehan salju, atau air terjun. Wudhu sendiri adalah syarat wajib yang harus di lakukan sebelum melaksanakan ibadah Shalat bagi umat muslim dan apabila tidak di lakukan maka shalat itu tidak sah.

Seorang psikiater dan neurolog asal Austria, Prof Leopold Werner von Ehrenfels menemukan bahwa wudhu dapat menstimulasi pusat syaraf dalam tubuh manusia. Kegiatan tersebut  menstimulasi lima organ panca indra yaitu mata, telinga, hidung, mulut, tangan dan kaki. Stimulus tersebut akan dihantarkan melalui meridian ke sel, jaringan, organ dan sistim organ yang bersifat terapi. Di lain pihak, bagian yang dibasuh juga merupakan pintu masuk bagi ribuan kuman,virus, dan bakteri.

Dalam tubuh kita terdapat titik syaraf yang saling berhubungan satu sama lain. Misalnya syaraf diujung jari jemari berhubungan dengan empedu, liver dan jantung. Ketika berwudhu kita memberikan sentuhan dan pijatan sambil membasuh air pada anggota tubuh tertentu yang menjadi anggota wudhu. Hal ini memberikan dampak positif kepada kesehatan tubuh.

ragam manfaat wudhu bagi kesehatan:

1.Membersihkan Mulut dari Kuman

Manfaat pertama yang akan diperoleh dari wudhu tepatnya ketika berkumur-kumur adalah dapat membersihkan mulut dari kuman. Dengan berkumur ketika wudhu maka akan membebaskan mulut dari kuman-kuman yang secara permanen (tetap) berada di air liur, di atas permukaan gigi dan lidah serta di seluruh bagian mulut. Tidak hanya itu, berkumur saat wudhu juga bisa menjaga mulut dari berbagai penyakit gusi dan radangnya, dari kerusakan gigi serta memperkuat otot-otot mulut dan wajah serta melindunginya dari infeksi saluran pernapasan.

Baca Juga:  Diduga korsleting, Rumah Di Peneleh Terbakar

2.Membersihkan Hidung dari Kuman

Istinsyaq atau menghirup air ke hidung dan mengeluarkannya memiliki manfaat secara medis untuk membersihkan hidung dari kuman yang ada di dalamnya. Orang yang senantiasa berwudhu dengan baik, maka hidung mereka akan benar-benar terbebas dari segala kuman yang dapat menimbulkan berbagai penyakit serta mencegah kuman berpindah atau masuk ke dalam sistem pernapasan.

3.Membersihkan dan Memberikan Kesegaran pada Kulit Wajah

Manfaat medis selanjutnya dari berwudhu adalah dapat membersihkan serta memberikan kesegaran pada kulit wajah. Hal ini tentu saja bisa diperoleh apabila melakukan gerakan wudhu yaitu membasuh wajah. Dengan membasuh wajah tersebut akan membebaskan wajah dari kuman-kuman dan debu. Tidak hanya itu, manfaat lain yang akan diperoleh yakni terlindunginya kulit wajah dari infeksi bermacam-macam yang dapat menyebabkan masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo dan lain sebagainya. Selain itu, berwudhu juga bisa mengurangi depresi pada wajah, membantu peremajaan kulit, serta membantu kulit kita untuk bernapas.

4.Menghilangkan Sisa-Sisa Keringat di Permukaan Kulit

Menghilangkan sisa-sisa keringat di permukaan kulit menjadi manfaat medis selanjutnya dari wudhu. Membasuh kedua tangan serta wajah ketika berwudhu bisa menghilangkan sisa-sisa keringat yang menumpuk di permukaan kulit serta bisa membuat kulit dapat bernapas dengan baik. Menurut pakar ilmuwan, membasuh kedua tangan dapat membuang energi buruk yang ada di dalam tubuh manusia melalui ujung jari yang dialiri air. Pada tangan sampai siku juga terdapat titik akupuntur yang bisa menyembuhkan penyakit pada dada, paru-paru, tenggorokan, lambung, dan anggota gerak lainnya. Selain itu, titik-titik tersebut juga bisa menghilangkan rasa cemas.

Baca Juga:  7 Petarung Jawa Timur Siap Berlaga di Bandung Lautan Api Popnas 2019

5.Membuat Otak Menjadi Lebih Jernih

Membasuh sebagian rambut ketika wudhu ternyata dapat membuat otak menjadi lebih jernih dalam berfikir, mempertajam ingatan, mencegah kerontokan rambut serta bisa terhindar dari penyakit pikun. Hal ini bisa terjadi karena pada area tersebut terdapat titik-titik yang berhubungan dengan otak dan syaraf manusia.

6.Merangsang Titik Pendengaran dan Keseimbangan Telinga

Membasuh kedua telinga dalam gerakan wudhu berarti membersihkan telinga dari kotoran, debu dan kuman yang menempel pada daun telinga dan lekukan-lekukannya. Selain itu, membersihkan telinga juga bisa merangsang titik pendengaran dan keseimbangan telinga. Dengan membasuh telinga ketika berwudhu tentu saja akan berpengaruh baik terhadap fungsi organ dalam. Adapun lingkaran luar menggambarkan punggung. Pemijatannya juga seolah menstimulasi punggung dan ruas-ruas tulang belakang.

7.Melindungi Kulit di Area Kaki dari Serangan Jamur

Membasuh kaki disertai pijatan ketika berwudhu ternyata bermanfaat secara medis untuk melindungi kulit area kaki dari serangan jamur. Tidak hanya itu, gerakan ini juga dapat mencegah datangnya berbagai penyakit kulit di area ini. Pijatan tersebut juga bisa mengaktifkan kembali aliran darah di pembuluh darah di bawah kulit. Orang yang membasuh kaki sampai telapak kaki dengan air dapat memunculkan perasaan tenang dan nyaman ketika telah selesai wudhu. Tentu saja hal ini bisa membuat orang tersebut terbebas dari bertumpuknya emosi psikologi yang buruk.