Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

Penaindonesia.co.id_newnormal. Timun atau mentimun kerap menjadi hidangan ‘pencuci mulut’ setelah makan. Timun kerap dihidangkan bersama lalapan atau makanan lainnya di warung. Buah yang mengandung banyak air ini dipercaya beberapa orang mampu menetralkan makanan.

Namun manfaat mentimun ternyata bukan hanya itu. Ada beberapa manfaat untuk kesehatan yang bisa diperoleh. Berikut manfaatnya seperti dilansir Healtline:

1. Nutrisi Tinggi

Metimun rendah kalori tetapi banyak vitamin dan mineral penting. Makan mentimun dengan kulitnya memberikan jumlah nutrisi maksimum. Selain itu, mentimun memiliki kandungan air yang tinggi. Bahkan, mentimun terdiri dari sekitar 96 persen air. Untuk memaksimalkan kandungan nutrisi mereka, mentimun harus dimakan tanpa dikupas. Mengupasnya mengurangi jumlah serat, serta vitamin dan mineral tertentu

2. Mengandung Antioksidan

Antioksidan adalah molekul yang menghambat oksidasi, yang menyebabkan kita menghirup radikal bebas. Akumulasi radikal bebas berbahaya ini dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung, paru-paru dan autoimun Buah-buahan dan sayuran, termasuk mentimun, sangat kaya akan antioksidan bermanfaat yang dapat mengurangi risiko kondisi ini. Satu studi menemukan mentimun menyebabkan peningkatan signifikan pada beberapa penanda aktivitas antioksidan dan peningkatan status antioksidan. Penelitian lain menyelidiki sifat antioksidan mentimun dan menemukan bahwa mereka mengandung flavonoid dan tanin, yang merupakan dua kelompok senyawa yang sangat efektif dalam memblokir radikal bebas berbahaya

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Metimun dapat menambah kesegaran dan rasa pada salad, roti lapis dan lauk pauk juga dapat digunakan sebagai pengganti kalori yang lebih tinggi. Selain itu, kandungan air mentimun yang tinggi dapat membantu menurunkan berat badan juga. Satu analisis mengamati 13 studi termasuk 3.628 orang dan menemukan bahwa makan makanan dengan kadar air tinggi dan kalori rendah dikaitkan dengan penurunan berat badan yang signifikan

4. Menurunkan Gula Darah

Beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa mentimun dapat membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes. Satu studi pada hewan meneliti efek berbagai tanaman terhadap gula darah.

Mentimun terbukti secara efektif mengurangi dan mengontrol kadar gula darah. Penelitian pada hewan lain menginduksi diabetes pada tikus dan kemudian menambahkannya dengan ekstrak kulit mentimun.

Kulit mentimun membalikkan sebagian besar perubahan terkait diabetes dan menyebabkan penurunan gula darah Namun, bukti saat ini terbatas pada penelitian tabung dan hewan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana mentimun dapat mempengaruhi gula darah pada manusia.

5. Melancarkan Pencernaan

Makan mentimun dapat membantu mendukung buang air besar secara teratur. Dehidrasi adalah faktor risiko utama untuk konstipasi, karena dapat mengubah keseimbangan air Anda dan mempersulit buang air besar.

Mentimun kaya akan air dan meningkatkan hidrasi. Tetap terhidrasi dapat meningkatkan konsistensi feses.Apalagi mentimun mengandung serat , yang membantu mengatur pergerakan usus. Secara khusus, pektin, jenis serat larut yang ditemukan dalam mentimun, dapat membantu meningkatkan frekuensi buang air besar. Satu studi memiliki 80 peserta suplemen dengan pektin.

Ditemukan bahwa pektin mempercepat pergerakan otot-otot usus, sambil memberi makan bakteri bermanfaat dalam usus yang meningkatkan kesehatan pencernaan.

B