Makanan Tradisional Enak Buat Ide Kuliner

PenaIndonesia.co.id-Lawancorona. Indonesia memiliki berbagai jenis makanan khas dari setiap daerah yang beberapa di antaranya sudah terkenal secara internasional tapi tenang, kami sudah menyiapkan 9 makanan tradisional Indonesia yang mungkin tidak terlalu mainstream yang bisa jadi menu makanan kamu selanjutnya.

Makanan tradisional Indonesia dikenal dunia karena kombinasi unik dari berbagai jenis rempah-rempah. Daya tarik ini selalu menjadi point of interest di festival kuliner dunia selain juga keberagaman rasa yang berlimpah. Faktanya adalah, sebagian besar masakan dari dapur Indonesia kerap menggunakan rempah-rempah yang bahkan tidak dapat ditemukan di negara lain.

1. Ayam Taliwang

Berbeda dengan penampakan alam Pantai di Lombok yang menakjubkan dan menenangkan, makanan tradisional dari wilayah ini terkenal pedas dan berapi-api. Ekspor makanan yang paling terkenal dari pulau ini adalah ayam Taliwang, sejenis ayam bakar arang dengan atasan sambal yang menggiurkan dan pastinya membuat kecanduan.

Ayam Taliwang terkenal dengan dagingnya yang ekstra empuk dan dipasangkan dengan sempurna dengan sambal yang dibuat dengan cabai, bawang putih, bawang merah, tomat, pasta udang, jahe, dan gula aren. Hebatnya lagi, bahkan buat kamu yang tidak terlalu menyukai makanan pedas, ayam Taliwang masih dapat dinikmati dengan lahap.

2. Dendeng Batokok

Kalau kamu sering singgah ke restoran Padang, kamu mungkin pasti akan pernah melihat dendeng balado . Namun, kalau kamu sedang beruntung, kamu mungkin juga bisa merasakan nikmatnya dendeng batokok, saudari dari dendeng balado – yang menurut kami nih, jauh lebih nge-joss rasanya.

Dimakanan dengan sambal cabai hijau, daging dendeng batokok sangat lezat dan juga lebih segar berkat penambahan tomat dan cabai hijau. Untuk mendapatkan sensasi rasa dendeng batokok sebenarnya, kamu gak perlu jauh-jauh ke Padang karena di area mal Kota Kasablanka ada restora Sate Padang & Dendeng Batokok Salero Uni yang terbukti asli rasa Dendeng Batokok-nya.

3. Papeda

Saat beras menjadi makanan pokok di Indonesia bagian barat dan tengah, Indonesia bagian timur terutama area pulau-pulau di Maluku dan Papua memlih papeda, bubur kental yang terbuat dari batang pohon sagu sebagai makanan pokok. Papeda dibuat dengan memasak tepung sagu dengan air sampai mengental. Makanan ini biasanya disajikan dengan sup kuning yang terbuat dari kunyit, jeruk nipis, ikan, dan disajikan dengan umbi bertepung dan berbagai macam sayuran yang menjadikannya kombinasi unik dalam hal tekstur dan memiliki rasa yang Indonesia banget.