Mabes Polri: Wabah Corona, Angka Kriminalitas Turun

Pena Indonesia.co.id – Lawan COVID 19.  Polri menyatakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat sekala nasional kondusif, ditandai dengan penurunan angka kriminalitas selama wabah virus corona (Covid-19).

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra, mengatakan,”Terjadi penurunan yang signifikan terhadap angka kejahatan, pelanggaran dan juga gangguan,” ujarnya,saat konferensi pers yang disiarkan akun YouTube BNPB, Kamis (9/4).

Ia menjelaskan, untuk kejahatan pada minggu ke-13 tercatat 4.197 kasus, kemudian menurun pada minggu ke-14 sebanyak 3.743 kasus.

“Ini menunjukan ada penurunan sebanyak 11,03 persen,” tutur Asep.

sedangkan, untuk pelanggaran di minggu ke-13 tercatat sebanyak 301 dan pelanggaran minggu ke-14 tercatat sebanyak 139. Dari data itu, kata Asep, terjadi penurunan angka kejahatan sebesar 53,82 persen.

Untuk gangguan kamtibmas pada minggu ke-13 ada 69 kasus dan pada minggu ke-14 sebanyak 45 kasus. Dikatakan Asep, terjadi penurunan gangguan kamtibmas sebesar 34,78 persen persen.

“Kondisi kamtibmas sangat kondusif bahkan terjadi penurunan angka, baik kriminalitas bahkan gangguan kamtibmas menurun,” pungkasnya.