Lawan COVID 19, Makam Gus Dur di Tutup

Pena Indonesia.co.id – Pondok Pesantren (PP) Tebuireng Jombang Jawa timu, menutup sementara akses menuju komplek makam Gus Dur untuk para peziarah. Kebijakan tersebut merupakan tindakan antisipasi di tengah merebaknya penularan virus corona atau covid-19. 

Seperti dalam surat edaran resmi dari pihak Tebuireng yang diterima oleh media. Edaran itu 1524/I/HM 00 01/PENG/2020 ditandatangani oleh Pengasuh Pesantren Tebuireng KH. Abdul Hakim Mahfudz. 

Surat tersebut menjelaskan, “Pengasuh Pesantren Tebuireng Jombang mengabil kebijakan, menutup semua kunjungan ziarah komplek makam Tebuireng, terhitung mulai Senin, (16/3) pukul 00.00 WIB sampai dengan waktu yang belum ditentukan,” demikian tertulis dalam surat tersebut.

Baca Juga:  Gubernur: Kendaraan Keluar Masuk Madura Wajib Disemprot Desinfektan

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Pesantren Tebuireng KH Abdul Ghofar membenarkan edaran tersebut.

Ia mengatakan, kebijakan itu diambil sebagai langkah preventif untuk mencegah potensi penyebaran corona di ruang publik seperti anjuran pemerintah.

“Kami putuskan kebijakan tersebut dalam rapat pimpinan dan Majelis Keluarga Pesantren Tebuireng, dengan merujuk anjuran yang disampaikan pemerintah,” katanya.