Lawan Covid-19, 1.448 Peserta Bakal Ramaikan Bromo Kom Challenge 2020

Pena Sport – Memerangi merebaknya virus Covid-19 (Corona), Azrul Ananda (AA) School of Suffering menggelar Bromo Kom Challenge 2020, Sabtu (14/3/2020). Even balap sepeda ini diikuti sekitar 1.448 peserta dari 22 negara.

Azrul Ananda, Founder Bromo KOM Challenge mengakui Bromo Kom Challenge 2020 ini digelar bersamaan dengan munculnya virus Covid-19. Namun, kondisi tersebut tak mempengaruhi tekadnya untuk melaksanakan even rutin tiap tahun sekali itu.

“Tahun ini adalah menginjak tahun ke tujuh gelaran Bromo Kom Challenge. Dari tahun ke tahun, jumlah pesertanya meningkat,” tuturnya di Surabaya, Jumat (13/3/2020).

Ia Menambahkan, kasus virus Covid-19 harus disikapi secara dewasa. Bukan berarti meremehkan, tapi tetap waspada. Covid-19 sudah menelan banyak korban, sehingga harus diwaspadai.

“Cuma jangan panik. Dalam seminggu ini, kami terus melakukan monitoring. Dengan bu Gubernur Khofifah Indar Parawansa, hampir setiap hari komunikasi via HP untuk mencari informasi,” ujarnya.

Baca Juga:  Yayasan Budha Tzu Chi Sumbang 10.800 Alat Rapid Tes

Untuk memantau kedatangan peserta luar negeri, Azrul menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Bandara. Setiap penumpang luar negeri yang datang ke Indonesia, tidak luput dari pemeriksaan oleh petugas kesehatan bandara.

“Dari pihak panitia, sudah membuat persyaratan ketat kepada seluruh peserta dalam pendaftaran. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi yakni, harus punya surat keterangan sehat dari dokter,” ungkapnya.

Sejauh ini, pihaknya belum tahu persis berapa jumlah peserta yang mendaftar ulang ke panitia. Khususnya peserta dari luar negeri. Meski begitu, hingga kini belum ada peserta yang menarik diri dari Bromo Kom Challenge 2020.

Bromo Kom Challenge 2020, melombakan 13 katagori. Peserta dengan road bike mengambil start Makodam V Brawijaya. Sedangkan peserta katagori sepeda lipat dan Brompton start dari GOR Untung Suropati, Kota Pasuruan.

Baca Juga:  Pasien Positif Corona Jatim 187 Orang, 38 Sembuh

GOR Untung Suropati, sekaligus menjadi pit stop pertama untuk peserta yang start dari Surabaya. Dari GOR Untung Suropati, seluruh peserta menempuh perjalanan sejauh 25 Km menuju finish di Wonokitri, Bromo.

Total jumlah peserta Bromo Kom Challenge 2020, sebanyak 1.488 berasal dari 22 negara. Selain Indonesia, yakni Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, Belanda, Jerman, Kolombia, Kanada, Belgia, Denmark, Perancis, Rusia, Swiss, Austria, Aljazair, Jamaika, Australia, Jepang, Malaysia, Pilipina, Singapura dan Thailand.

Pada edisi 2020 ini, total ada 13 kategori, mulai kelompok atlet (elite) dan sejumlah kelompok umur (Age Category), baik laki-laki (Men KOM) dan perempuan (Women QOM). Lalu juga ada peloton non-kompetitif, plus kategori khusus (Folding Bike), yakni bagi peserta yang menggunakan sepeda lipat dan Brompton