KPU: Pemilihan Serentak Digelar 9 Desember 2020 dengan Protokol Kesehatan

Penaindonesia.co.id-Newnormal. Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan Pemilhan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tetap akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 09 Desember 2020. Proses pemungutan suara dimulai pukul 07.00 sampai 13.00 waktu setempat.

Dewa Raka Sandi, Komisioner KPU menegaskan, seluruh proses penyelenggaraan  Pilkada mengacu kepada Peraturan KPU (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 yang telah ditetapkan dan diundangkan pada tanggal 12 Juni 2020 dan KPU sedang merancang PKPU tentang Penyelenggaraan Pemilu di tengah pandemi Covid 19 dan akan berkonsultasi dengan DPR RI.

“Dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2020 yang berisi tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, walikota dan wakil walikota tahun 2020, Pemilihan Serentak digelar tanggal 9 Desember 2020, KPU juga akan menerbitkan Peraturan KPU tentang penyelenggaraan pemilhan disaat pandemi covid 19, dengan protokol kesehatan” ujar Anggota KPU Koordinator Bidang Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih tersebut. Saat memberikan presentasi Rapat Bersama Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri secara virtual via Zoom Meeting dan dipimpin secara langsung oleh Plt. Direktur Jendral Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen.POLPUM), Bahtiar, Jum’at (19/06).