Kongres Demokrat AS Tolak Proyek Aneksasi Israel

Penaindonesia.co.id-Lawancorona. Anggota kongres Amerika Serikat dari partai Demokrat ditengarai telah melayangkan surat kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terkait isu pencaplokan Tepi Barat. Mereka memperingatkan Netanyahu terkait konsekuensi-konsekuensi yang akan terjadi apabila rezim Zionis melanjutkan proyek aneksasi ilegal terhadap wilayah teritorial Palestina.

“Aneksasi sepihak agaknya akan membahayakan progres signikan Israel dalam normalisasi hubungan dengan negara-negara Arab,” terang surat tersebut. Selain itu, aneksasi ini juga akan beresiko mengakibatkan ketidakamanan di Yordania yang bisa jadi akan berujung pada berakhirnya dukungan negara pimpinan Raja Abdullah II tersebut kepada Israel.

Proyek pencaplokan ini bahkan juga beresiko akan menciptakan masalah yang besar antara Israel dengan sekutu-sekutunya di Eropa dan di berbagai belahan dunia yang lain. Tercatat, 28 dari 47 perwakilan partai Demokrat di Kongres AS menolak proyek ini.

Meski tak mendukung program aneksasi, mereka mengaku sebagai ‘pendukung lama’ Israel dan lebih memperjuangkan solusi damai untuk mengakhiri konflik Israel dan Palestina. Mereka tetap teguh dengan solusi dua-negara. Namun solusi ini semakin jauh dari kemungkinan berhasil akibat Israel yang terus membangun pemukiman ilegal sepanjang wilayah pendudukan.