Khofifah: Jawa Timur Tertinggi Penyaluran Dana Desa

PenaIndonesia.co.id-Lawan Corona. Peduli pandemi Covid 19 corona. Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) telah dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui Pemprov di Indonesia. Di Jawa Timur, percepatan penyaluran untuk membantu masyrakat di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid) 19 ini sudah dilakukan sesuai instruksi Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

Khofifah mengatakan,”Untuk penyaluran dana desa yang ter-record (tercatat, red) sampai dengan kemarin (Kamis, 14 Juli 2020) penyaluran di Jatim ini tertinggi di banding provinsi lain di Indonesia,” tuturnya, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (15/5/2020) malam.

Ia menjelaskan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo bahwa penyerahan bantuan dari dana desa ini bisa selesai sebelum Lebaran. “Kemarin sudah tuntas (penyaluran) untuk KPM atau Keluarga Penerima Manfaat di Lumajang. Hari ini juga sudah tuntas di Trenggalek. Keduanya sudah tuntas 100 persen,” ujarnya.

Hari jumat, pihaknya juga sudah mulai menyalurkan untuk BLT-DD di Bangkalan. “Kami terus mendorong para Bupati dan Walikota untuk segera menuntaskan sebelum Idul Fitri. Kalau bank ini nanti buka sampai tanggal 20 Mei maka hari itu adalah terakhir penyaluran bagi KPM di Jawa Timur,” tegasnya.

Proses koordinasi penyaluran, kata mantan Mensos tersebut terus dilakukan tiap hari melalui koordinasi virtual. “Setiap hari kami video confrence untuk koordinasi dengan para bupati dan walikota secara bergantian. Tentunya kami berharap dengan koordinasi virtual di tengah pandemi Covid 19 ini juga dapat mempercepat penyaluran bantuan untul masyarakat,” ungkapnya.

Hingga 20 Mei mendatang, ia menargetkan BLT-DD di Jatim ini sudah cair di 7.724 desa di Jawa Timur. Diketahui, sejak Selasa (12/5/2020) Khofifah terus mengawal proses pencairan dana BLT-DD yang diberikan kepada warga desa terdampak Covid 19 di sejumlah daerah. Seperti, di Kabupaten Blitar, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Lamongan. Proses itu dilakukan dengan penyerahan simbolis BLT-DD secara virtual melalui video conference.