Kemendikbud Ijinkan Dana BOS Untuk Pembelian Alat Online Sekolah

Penaindonesia.co.id-Newnormal. Khabar bagus buat dunia pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sedang mengatur kebijakan mengijinkan penggunaan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk pembelian peralatan atau piranti  proses pembelajaran melalui online.

Prof Dr Djoko Saryono, M.Pd, Tim Konseptor Penguatan Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengatakan peralatan digital untuk membantu mempermudah proses belajar mengajar secara online selama masa persiapan menuju New Normal.

“ Yang dulu dana BOS untuk honor pelatihan, sekarang boleh digunakan untuk beli pulsa, siswa juga boleh diberi bantuan, Dana BOS juga bisa untuk pembelian piranti digital sekolah untuk menunjang sistem online, “ujarnya, di Surabaya Jumat (26/06).

Proses pendidikan secara online saat ini lagi semarak, sangat penting dan merupakan bagian dari adaptasi dunia pendidikan dengan keadaan saat ini. Namun pihaknya belum melakukan survey sekolah di seluruh Indonesia terkait kepemilikan perlengkapan online untuk menunjang proses pendidikan.

“ Bisa saja pihak sekolah mengharuskan semua siswa mempunyai akun sehingga pihak sekolah bisa melakukan presensi kehadiran melalui online, “katanya.