Kelebihan Dibalik Bersedekah

Pena Indonesia.co.id – Islam mengajarkan umatnya agar menyisihkan sebagian harta untuk mereka yang tidak mampu. Semakin banyak rezeki yang dibagikan dengan tulus ikhlas dan dengan niat mencari rida Allah, maka Allah menjanjikan pahala berkali-kali lipat. Allah Swt berfirman:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir ada seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” ( al-Baqarah ayat 261).

Sejatinya, Islam sangat toleran terhadap pemeluknya dan tidak membebani mereka yang kurang mampu agar selalu bersedekah dengan harta. Sebab, di dalam Islam, senyum yang kita berikan kepada orang lain juga termasuk sedekah, begitu pula dengan menyingkirkan duri atau gangguan di tengah jalan.

Selain dapat melipatgandakan kebaikan, bersedekah juga memiliki keajaiban lainnya, antara lain:

1. Membuat hidup semakin berkah

Berkah adalah bertambahnya kebaikan yang kita lakukan. Sedekah yang kita berikan kepada orang lain tentu akan bermanfaat bagi mereka. Dalam salah satu hadis dijelaskan bahwa sedekah tidak harus berupa harta benda tetapi dapat berupa tindakan seperti tolong menolong antar sesama.

Baca Juga:  Berbohong Menurut Islam

“Setiap persendian manusia wajib disedekahi, setiap hari yang padanya matahari terbit. Beliau bersabda, ‘Mendamaikan antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah, membantu seseorang dalam masalah kendaraannya lalu menaikannya ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah.’ Beliau bersabda, ‘(Mengucapkan) kalimat yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang dia berjalan menuju masjid untuk salat adalah sedekah dan menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

2. Memperlancar datangnya rezeki

Dalam Alquran, Allah Swt berfirman yang artinya, “Maka makanlah yang halal lagi baik dan rezeki yang telah diberikan Allah kepada kalian. Dan syukurilah nikmat Allah jika kalian hanya kepadaNya saja beribadah”. (An-Nahl ayat 114).

3. Menolak bala

Bala atau keburukan bisa saja menimpa seseorang sewaktu-waktu. Keburukan itu misalnya penyakit, ancaman dari orang jahat, kecelakaan di jalan, dan lain sebagainya.

Rasulullah saw berpesan, dari Abu Hurairah ra, ia berkata, “Ada seseorang yang datang kepada Nabi saw dan bertanya: “Wahai Rasulullah, sedekah apakah yang paling besar pahalanya?” Beliau menjawab, “Bersedekahlah sedangkan kamu masih sehat, suka harta, takut miskin dan masih berkeinginan kaya. Dan janganlah kamu menunda-nunda sehingga apabila nyawa sudah sampai tenggorokan, maka kamu baru berkata, “Untuk fulan sekian dan untuk fulan sekian, padahal harta itu sudah menjadi hak si fulan (ahli warisnya).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga:  Kapan Ajalku Tiba!

4. Dapat melipatgandakan pahala

Sebagai amalan yang disunahkan, tidak ada waktu yang baku untuk bersedekah. Tetapi, sedekah memiliki waktu yang lebih utama, yang menjadikan pahala akan berlipat ganda. Waktu yang dimaksud adalah hari Jumat.

Nabi saw bersabda, “Dan di hari Jumat pahala bersedekah akan dilipatgandakan.” (Imam As-Syafi’i, Al-Umm, juz 1 halaman 239).

5. Harta yang disedekahkan akan kekal di sisi Allah Swt

Rasulullah saw bersabda,”Barangsiapa yang bersedekah senilai dengan satu butir kurma dari hasil usaha yang halal. Dan Allah tidak menerima kecuali yang halal, maka Allah menerimanya dengan tangan kananNya, kemudian Allah Swt kembangbiakkan sedekah itu untuk orang yang bersedekah seperti salah satu di antara kalian mengembangbiakkan anak kudanya, sehingga semakin banyak sampai seperti gunung.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Nah itulah betapa dahsyatnya manfaat sedekah yang bukan saja dapat dipetik di akhirat tetapi juga ketika masih di dunia. Yuk bersedekah. A