Kebakaran Hutan Gunung Ijen Melebar 300 Hektar

Pena Indonesia.co.id – Kawasan hutan terbakar, di taman wisata alam Kawah Ijen yang terjadi sejak 4 hari lalu mencapai 300 hektar lebih. kepulan asap pekat dan sejumlah titik api masih terlihat di kawasan lereng gunung Ijen yang berada di antara kabupaten Bondowoso dan Banyuwangi Jawatimur.

Hingga hari ini, kawasan taman wisata alam Kawah Ijen masih terlihat sepi dan tidak ada aktifitas pendakian sama sekali. Hal tersebut karena kawasan gunung Kawah Ijen yang terkenal dengan api birunya masih di penuhi kepulan asap. akibat kebakaran hutan yang terjadi sejak hari sabtu kemarin.

Sejumlah titik api juga masih terlihat jelas di lereng-lereng gunung Kawah Ijen.  meskipun upaya pemadaman sudah dilakukan oleh tim gabungan dari BKSDA, TNI, POLRI dan BPBD Bondowoso. Dan berdasarkan keterangan Balai Konservasi Sumber Daya Alam  (BKSDA) wilayah 3 jember,  luas lahan yang terbakar dikawasan twa kawah ijen sudah mencapai 300 hektar lebih.

Selain menutup jalur pendakian dan penambangan belerang, kebakaran hebat yang melanda kawasan gunung ijen juga mengancam kehidupan satwa di daerah tersebut. (rakhe)