Jumat Berkah, Ciri Orang Sabar

Penaindonesia.co.id-Lawancorona-Bismillah. Semoga Allah Yang Maha Menatap, yang mengurus diri kita setiap saat, senantiasa melimpahkan taufik dan hidayah-Nya kepada kita, sehingga kita selalu menyadari bahwa kehidupan di dunia ini hanya persinggahan semata,dan bahwa akhiratlah tempat yang kehidupan yang sejati. Sholawat dan salam semoga selalu terlimpah kepada baginda Nabi Muhammad Saw.

Sifat Sabar memiliki banyak jenis dan penerapannya, pentingnya kesabaran telah disebutkan di dalam Alquran sebanyak 103 kali dan 93 ayat, dan sebagian dari yang disebutkan Alquran berhubungan dengan sabar dalam dalam musibah kemasyarakatan.

Allah Swt di dalam ayat ke-155 pada surat Al-Baqarah berfirman:

{وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْن}

{Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar}.

Adapun ciri-ciri orang yang bersabar adalah seperti yang disebutkan oleh Rasulullah saw di dalam sebagian riwayat:

((عَلَامَهُ الصَّابِرِ فِی ثَلَاثٍ أَوَّلُهَا أَنْ لَایَکْسَلَ وَالثَّانِیَهُ أَنْ لَایَضْجَرَ وَالثَّالِثَهُ أَنْ لَایَشْکُوَ مِنْ رَبِّهِ تَعَالَى لِأَنَّهُ إِذَا کَسِلَ فَقَدْ ضَیَّعَ الْحَقَّ وَ إِذَا ضَجِرَ لَمْ یُؤَدِّ الشُّکْرَ وَ إِذَا شَکَا مِنْ رَبِّهِ عَزَّ وَ جَلَّ فَقَدْ عَصَاهُ))

((alamat orang sabar ada tiga: yang pertama adalah tidak malas, kedua adalah  tidak gelisah, cemas dan berkeluh kesah , dan yang ketiga tidak mengeluh tentang Tuhannya, karena jikalau dia malas maka dia telah melalaikan hak, jikalau gelisah, cemas dan berkeluh kesah maka dia tidak bersyukur, dan jikalau dia mengeluh mengenai Tuhannya maka dia bermaksiat kepada-Nya)).