Jokowi Sampaikan Duka Mendalam Untuk Korban Ledakan di Lebanon

Penaidunia-Newnormal. Presiden Joko Widodo menyampaikan duka cita mendalam untuk korban ledakan yang terjadi di Beirut, Ibu Kota Lebanon.

Ucapan tersebut disampaikan oleh Presiden lewat akun twitter resminya @Jokowi dengan bahasa Inggris.

“Saya turut berbelasungkawa yang terdalam untuk saudara-saudara kami di Lebanon. Dalam kejadian tragis dan menyakitkan ini, Indonesia bersama Lebanon. Pikiran dan doa kami untuk keluarga dan korban ledakan dahsyat di Beirut,” tulis Jokowi.

Pemerintah RI melalui Kementerian Luar Negeri juga sebelumnya telah menyampaikan belasungkawa atas peristiwa yang terjadi di Lebanon.

“Pemerintah RI menyampaikan simpati kepada Pemerintah Lebanon dan juga belasungkawa kepada keluarga korban,” tulis Kemlu.

Kemlu melaporkan ada satu orang warga negara Indonesia (WNI) di Beirut yang turut menjadi korban luka ringan.

Berdasarkan catatan dari KBRI, terdapat 1.447 WNI di Lebanon, terdiri dari 1.234 orang anggota Kontingen Garuda dan 213 orang lainnya WNI sipil.

Hingga Kamis hari ini, sebanyak 135 orang dilaporkan meninggal dunia karena ledakan itu, dan 5.000 lainnya terluka. Lebih dari 300.000 orang kehilangan tempat tinggal, dengan keluarga terus melakukan pencairan terhadap kerabatnya yang kemungkinan meninggal.

Nilai kerusakan rumah akibat peristiwa ini mencapai sekitar 3-5 miliar dollar AS atau setara Rp 43,7-72,8 triliun.

Pemerintah Lebanon menginformasikan kondisi darurat selama dua minggu dan masa berkabung selama tiga hari.

Ledakan besar ini diduga terjadi akibat ribuan ton amonium nitrat yang disimpan selama 6 tahun di sebuah gudang di lokasi kejadian.