Jokowi : Penanganan Covid-19 Adalah Kunci Pemulihan Ekonomi

Penaindonesia.co.id. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa penanganan Covid-19 adalah jadi kunci pemulihan ekonomi. Oleh sebab itu, dia kembali menjelaskan fokus pemerintah untuk mengendalikan penyebaran virus Corona (Covid-19).

“Saya ingatkan, sekali lagi bahwa kunci dari ekonomi kita supaya baik adalah kesehatan yang baik. Kesehatan yang baik akan menjadikan ekonomi kita baik. Artinya fokus kita tetap nomor satu adalah kesehatan, adalah penanganan Covid-19. Karena memang kuncinya ada di sini,” kata Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna untuk penanganan kesehatan dan pemulihan ekonomi tahun 2021, di Istana Negara, Jakarta, Senin, (7/9).

Jokowi meminta kepada Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, serta TNI dan Polri untuk fokus menangani virus Corona di Indonesia. “Ekonomi akan mengikuti. Sekali lagi jika penanganan Covid-19 baik, jika kesehatan baik, ekonominya juga akan membaik,” ujar Jokowi.

Sementara itu, sebelumnya, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengatakan kondisi pandemi di Indonesia kembali mengkhawatirkan. Padahal Satgas sempat mengeklaim berhasil mengendalikan penyebaran virus Corona.

Dengan demikian, menurut Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito, Indonesia belum berhasil menahan dan mencegah penularan secara konsisten secara nasional. Hal ini menjadi tugas untuk seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa menjaga kedisplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

Dia melanjutkan bahwa ada 4 provinsi yang butuh menjadi perhatian bersama, yakni DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Mengutip data Kementerian Kesehatan, keempat provinsi ini berkontribusi 61,18 persen terhadap total kasus baru per hari secara nasional pada pekan lalu.