Jelang Hari Jadi Jepara, Bupati Dian Kristiandi Ziarah ke Makam Leluhur

JEPARA – Bupati Jepara Dian Kristiandi bersama sejumlah pejabat melakukan ziarah ke makam para leluhur. Hal ini dilakukan dalam rangka menyambut Hari Jadi Jepara ke-473 tahun.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Jepara turut didampingi oleh Forkopimda diantaranya, Dandim 0719 Jepara, Kajari Jepara, Ketua MUI, Kepala OPD dan sejumlah tokoh masyarakat.

Seperti yang sudah-sudah, ziarah ke makam leluhur Jepara selalu dilaksanakan sehari jelang Hari Jadi.

Makam-makam yang diziarahi adalah Makam Sayyid Abu Bakar Alhadad atau Mbah Panggang di Kelurahan Panggang, Pangeran Syarif dan Raden Soemowijoyo di Kelurahan Saripan, Tjitrosomo I di Desa Sendang, Makam Mantingan di Desa Mantingan dan Makam Mbah Daeng di Desa Krapyak.

Diketahui, sebagian besar leluhur tersebut adalah para pemimpin Jepara di masa lalu.

“Ini menjadi budaya kita, setiap memperingati Hari Jadi Jepara, kita selalu berziarah ke makam-makam leluhur,” kata Andi, saat berada di Kompleks Makam Mantingan Jepara, Jumat (8/4/2022).

Ziarah tersebut, kata Andi, dimaknai sebagai salah satu upaya menghormati para leluhur yang telah memperjuangkan Jepara di masa-masa terdahulu.

Selain itu, bupati juga memaknainya sebagai sarana muhasabah diri dalam menjadi pemimpin di Jepara.

Pada ziarah itu, Andi dan rombongan pejabat mendoakan para leluhur agar mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan. Tak lupa, mereka juga memanjatkan doa untuk keselamatan dan kesejahteraan Kabupaten Jepara secara umum.

“Beliau-beliau ini sudah banyak berjuang untuk Jepara, jadi kita harus mendoakan mereka. Dan ini merupakan suatu penghormatan yang harus terus kita lakukan,” tandas Andi. (*)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

DATA COVID-19

Omicron