Istana Izinkan Formula E Gelar di Monas

Pena Sport – Kementerian Sekretariat Negara selaku Komisi Dewan Pengarah Kawasan Medan Merdeka akhirnya memberikan izin kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menggelar Formula E di kawasan Monas.

Sekretaris Kemensetneg Setya Utama, mengutarakan “Prinsipnya Komisi Pengarah menyetujui Formula E di Kawasan Taman Medan Merdeka,” ujarnya. Senen (10/02).

Izin gelaran Formula E itu tertuang dalam surat Komisi Pengarah tanggal 7 Februari 2020 yang ditandatangani Mensesneg Pratikno. Dalam surat tersebut, Komisi Pengarah menyatakan menyetujui penyelenggaraan Formula E 2020 di Kawasan Medan Merdeka. 

Baca Juga:  Presiden RI Tunjuk Doni Monardo Panglima Percepatan Penanganan Virus Covid-19

Namun, beberapa hal yang harus dipatuhi oleh pemprov DKI yakni dalam merencanakan konstruksi lintasan tribun penonton dan fasilitas lainnya harus dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, antara lain UU No 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. 

Selanjutnya, pemprov DKI juga harus menjaga keasrian, kelestarian vegetasi pohon, dan kebersihan lingkungan di kawasan Medan Merdeka.

Selain itu, la E,Pemprov DKI juga diminta menjaga keamanan dan ketertiban di sekitar kawasan Medan Merdeka serta melibatkan instansi terkait guna menghindari perubahan fungsi, kerusakan lingkungan dan kerusakan cagar budaya di kawasan Medan Merdeka.